Kasus Korupsi Pasar Pabaengbaeng Dilaporkan Ke KPK

Jakarta (BO) Perwakilan pedagang pasar Pabaeng-baeng Makassar resmi melaporkan dugaan korupsi saat renovasi pasar itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jl. HR Rasuna Said Kav C-1 Jakarta, Jumat( 23/9).

Hj Diana, salah seorang perwakilan pedagang, didampingi oleh aktivis Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), Wahida B Upa, langsung bertemu dengan bagian Pengaduan Masyarakat KPK.

Menurut Wahida, dugaan korupsi renovasi pembangunan pasar Pabaengbaeng muncul setelah pihak kepala pasar menjual kios kepada para pedagang lama dan baru.

Padahal, berdasarkan ketentuan sebelum diadakannya renovasi, kios-kios hasil renovasi itu tidak boleh diperjual-belikan. “Setiap pedagang yang memegang kartu akan tetap punya hak berjualan pasca renovasi,” kata Hj Dahlia membenarkan.

Proyek proyek pembangunan Pasar Pabaengbaeng menggunakan dana stimulus dari Departyemen Perindustrian dan Perdagangan RI sebesar Rp 12,5 miliar. Belakangan, setelah proses renovasi selesai, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan indikasi kerugian negara sebesar Rp4,5 milyar.

Sementara indikasi korupsi dari proses pungutan liar diperkirakan mencapai Rp1,5 milyar. Ada dua orang pejabat yang terlibat dalam kasus pungli ini, yakni, H.Azis Hafid (Kepala Pasar Pabaengbaeng) dan Djamaluddin Yunus (Dirut PD Pasar Makassar Raya).

H. Aziz Hafid sendiri masih kerabat dari Walikota Makassar saat ini, Ilham Arief Sirajuddin.

Hj Diana, yang mewakili suara para pedagang Pasar Pabaengbang, berharap KPK segera menindaklanjuti laporan ini dan memeriksa nama-nama yang disebutkan dalam pelaporan. “Kita berharap bahwa KPK bisa bekerja dengan baik untuk mengungkap kasus ini,” ujarnya.

Menanggapi pelaporan ini, KPK akan  segera berkoordinasi dengan BPK dan instansi pemerintah lainnya. Pihaknya akan melakukan verifikasi atas data-data sesuai pelaporan ini. Jika sudah selesai proses verifikasi, maka KPK akan segera menetapkan tahap penyelidikan dan penyidikan.

KPK sendiri sudah menerima berkas pelaporan dan beberapa alat bukti terkait dugaan korupsi ini. Pihaknya berjanji akan menyampaikan perkembangan kasus ini kepada pihak pelapor.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut