KASBI Umumkan Rencana Pemogokan Pekerja Carrefour Di Seluruh Indonesia

Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), selaku induk organisasi dari Serikat Pekerja Carrefour Indonesia (SPCI), mengumunkan rencana “Mogok Kerja” di semua gerai Carrefour di seluruh Indonesia pada 26 Agustus mendatang.

Sehubungan dengan rencana pemogokan itu, Pengurus Pusat KASBI, melalui siaran pers yang diterima Berdikarionline.com siang tadi (21/8), menjelaskan beberapa hal perihal pemogokan tersebut.

Salah satu point besar yang diperjuangkan oleh SPCI dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) saat ini adalah soal peniadaan atau penghapusan hubungan kerja yang menggunakan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Dalam memperjuangkan tuntutan itu, pengurus SPCI telah mendapat sejumlah hambatan dan tekanan dari pihak perusahaan.

Yang pertama, pihak serikat pekerja mengusulkan agar proses referendum atau pemungutan suara dilakukan secara tertutup, tidak menggunakan materai, dan pemungutan suara tidak menyebutkan identitas.

Hal itu, menurut DPP KASBI, untuk menghindari adanya tekanan oleh pihak manajemen perusahaan terhadap pekerja yang memberikan suara.

Yang kedua, pihak perusahaan telah melakukan PHK sepihak terhadap salah seorang pengurus serikat, yaitu Pakpin Sinaga, yang menjabat Divisi Advokasi di DPP SPCI.  PHK tersebut dilakukan dengan mengabaikan ketentuan atau prosedur baku di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Lalu, yang ketiga, ketika para anggota serikat pekerja memberikan solidaritas terhadap Pakpin Sinaga, berupa gerakan “Pita Hitam”, pihak perusahaan justru menjawabnya dengan mengeluarkan surat peringatan dan skorsing.

“Jumlah pekerja atau anggota serikat yang mendapat Surat Peringatan maupun Skorsing terus bertambah oleh karena penggunaan pita hitam,” tulis DPP Kasbi dalam siaran persnya.

Selain menganggap tindakan perusahaan itu sangat arogan, Serikat Pekerja juga melihat adanya upaya sistematis pihak manajemen PT. Carrefour Indonesia untuk menghabisi keberadaan serikat pekerja di lingkup perusahaannya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut