Karol Cariola Menangi Pemilihan Anggota DPR

Karol.jpg

Sepak terjang calon legislator (Caleg) berlatar-belakang aktivis di Chili cukup menggemberikan. Hal ini ditunjukkan dengan kemenangan Karol Cariola dan Christián Cuevas dalam Pemilu pembuka pada hari Minggu (4/8/2013).

Karol Cariola, mantan Presiden Federasi Mahasiswa Universitas Concepción, menang dengan suara mayoritas di daerah pemilihan Distrik ke-19 Recoleta. Dengan meraih suara 52% (4.100 suara), Karol meninggalkan jauh para pesaingnya.

Sementara Christián Cuevas, mantan tokoh Serikat Buruh Pertambangan, juga menang di daerah pemilihan Distrik ke-3 Calama. Cuevas, yang juga aktif memperjuangkan hak-hak kaum LGBT, mengalahkan Arturo Molina, yang juga mantan Walikota setempat.

“Hasil pemilu awal ini menunjukkan bahwa rakyat menghendaki perubahan dan pembaharuan dalam politik,” kata Karol kepada  Nación.cl.

Sebagai sarjana di bidang ilmu kebidanan, Karol menyatakan akan lebih fokus pada isu-isu kesehatan rakyat. Namun demikian, ia juga menyatakan tidak akan meninggalkan isu-isu nasional, seperti amandemen konstitusi dan penolakan terhadap agenda neoliberalisme.

Pemilu pembuka hari minggu lalu diselenggarakan di 11 Distrik (Kabupaten/Kota) dari 60 Distrik di Chili. Dalam pemilu pembuka itu, sebanyak 30 orang kandidat memperebutkan 16 kursi parlemen.

Partai Sosialis (PS) dan Partai kiri-tengah Kristen Demokrat (CD) meraih mayoritas, yakni masing-masing lima kursi. Sementara Partai Komunis meraih dua kursi, yakni Karol Cariola dan Christián Cuevas. Sisanya direbut oleh Partai untuk Demokrasi (PPD) dan Partai Sosial Demokratik Radikal (PSRD).

“Banyak partai lain terpilih karena mengirim banyak kandidat. Sedangkan kami hanya dua kandidat dan semuanya terpilih,” kata Presiden Partai Komunis, Guillermo Teillier.

Dalam kampanye pemilihan, Karol Cariola lebih banyak mengutamakan metode turun langsung ke rakyat. Ia mendatangi para pemilih dari rumah ke rumah untuk menjelaskan programnya. Tak hanya itu, ia juga aktif menggalang pertemuan politik.

Baca juga: Karol Cariola, Srikandi Merah Gerakan Mahasiswa Chili

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut