Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Olahraga?

Kadang kita bingung mau berolahraga pagi, siang, sore, atau malam, dan sekarang kamu bisa tahu jawabannya di sini

Banyak perdebatan yang menyebutkan waktu olahraga terbaik. Ada yang sengaja bangun pagi karena diyakini waktu yang paling baik untuk berolahraga. Namun, sebagian orang menunggu sore atau malam hari untuk memulai olahraga karena takut kelelahan jika berolahraga pagi-pagi. Jadi mana yang benar?

Tenang, sudah ada jawaban ilmiahnya. Kecuali tengah malam sampai pagi-pagi buta, kapan pun kamu melakukan olahraga sebenarnya baik. Namun, selalu ada waktu yang terbaik. Terbaik di sini dilihat dari sistem kerja otot dan rangka tubuh saat kamu melakukan olahraga.

Jadi, kapan waktu yang baik untuk melakukan olahraga? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

1. Siang Hari Adalah Waktu Terbaiknya

Yap, jawabannya adalah siang hari. Sebuah penelitian sudah pernah melakukan eksperimen waktu untuk mencari tahu waktu terbaik tubuh manusia bisa melakukan aktivitas dengan normal. Penelitian ini melibatkan seekor tikus karena punya gen yang lebih-kurang mirip dengan gen manusia.

Tikus tersebut dipaksa untuk melakukan aktivitas fisik, seperti lari di roda selama beberapa waktu. Hasilnya bisa ketebak, tikus lebih cepat berlari pada malam hari karena memang tikus adalah hewan nocturnal. Tikus biasa mencari makan di malam hari dan melakukan banyak hal di tempat gelap.

Kebalikan dari tikus, manusia punya jam biologis untuk tidur di malam hari dan beraktivitas di siang hari. Dengan kata lain, kamu bisa berolahraga lebih maksimal saat tubuh sudah siap di siang hari.

2. Pagi Hari Juga Baik

Pagi hari juga jadi waktu yang bisa dibilang baik untuk berolahraga. Pasalnya, olahraga pagi juga bisa buat kamu lebih segar untuk menjalani aktivitas seharian. Dengan olahraga pagi pun, kamu bisa lebih disiplin dalam urusan waktu. Bangun lebih pagi dan pastinya tak lupa untuk sarapan.

Nah, bagian itulah yang tidak boleh lupa. Kamu harus cukup tidur malam harinya dan mengisi perut sebelum berolahraga. Dengan begitu, tubuh kamu bisa lebih siap untuk berlari dan melakukan aktivitas fisik lainnya.

3. Olahraga malam sehatkah?

Tidak ada yang salah dengan olahraga di sore atau malam hari setelah seluruh aktivitas kamu selesai. Malahan, kamu bisa langsung merasakan manfaatnya. Orang yang berolahraga sebelum tidur akan mendapatkan tidur yang lebih maksimal dan lebih lelap pastinya. Jika kualitas tidur kamu bagus, badan kamu pun akan lebih segar esok harinya.

Namun, setelah olahraga, kamu harus tetap makan, ya. Menu makanan kacang-kacangan atau daging sudah cukup untuk buat kamu kenyang di malam hari, kok. Jangan sampai kamu malah sakit karena tidak makan dan langsung tidur.

Kalau sudah telanjur sakit, kamu bisa mengandalkan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Namun, keanggotaan kamu harus tetap aktif ya. Caranya adalah bayar BPJS Kesehatan tepat waktu. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih santai berolahraga.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut