Kades Perempuan Ini Bantu Petani Jambi

Ratusan petani Jambi yang tengah menggelar aksi jalan kaki menuju Ibukota Republik Indonesia, Jakarta, sudah tiba di desa Sri Gunung, kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (28/3).

Mereka pun langsung menuju Aula desa Sri Gunung. Yang menarik, wajah letih petani langsung berubah sumringah ketika mereka disambut langsung oleh Kepala Desa (Kades) Sri Gunung, Destiana Nilawati.

Kades perempuan ini bukan hanya menyediakan tempat berteduh bagi petani, tetapi juga memberi bantuan air minum dan Indomie. Tak kalah penting, Kades yang mengenang kerudung ini juga mendatangkan tenaga medis dari Puskemas untuk memeriksa kesehatan para petani.

“Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Kades Sri Gunung. Beliau telah memberikan dukungan moril dan materil untuk perjuangan petani,” ujar koordinator aksi, Joko Supriadinata, kepada berdikarionline.com, Selasa (29/3).

Menurut Joko, dukungan dan solidaritas berbagai pihak memang sangat dibutuhkan oleh petani. Selain karena menempuh perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan, juga logistik dan obat-obatan yang dibawa petani sangat terbatas.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan kesehatan, tiga orang petani dinyatakan butuh perawatan serius. Mereka adalah Leman (32 tahun), Purba (37 tahun), dan Olmes (29 tahun). Sedangkan 15 orang petani lainnya mendapat perawatan jalan.

Tadi siang, sekitar pukul 13.00 WIB, petani melanjutkan aksi jalan kaki menuju Jakarta. Mereka dilepas langsung oleh Kades Sri Gunung.

Malam ini, petani berencana akan menginap di kantor Kecamatan Sungai Lilin. Kabarnya, mereka akan disambut langsung oleh camat setempat.

Muhammad Idris

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut