Kades Dicopot, Warga Desa Betaua Gelar Aksi Protes

petanibetaua.jpg

Pencopotan seorang Kepala Desa di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, memicu perlawanan dari warga desa. Warga desa menilai, pencopotan Kades itu sangat tidak demokratis dan sewenang-wenang.

Selasa (7/1/2013), sekitar pukul 09.00 WITA, ratusan warga desa Betaua, Kabupaten Tojo Una-Una, menggelar aksi protes di  Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam aksinya warga desa menilai, tindakan Bupati Tojo Una-Una, Damzik Ladjalani, yang mencopot Kades Betaua, hanya sebagai upaya mencekal langkah Kades menggugat tapal batas desa.

“Sebelumnya, gugatan pertama dimenangkan oleh masyarakat Betaua berdasarkan Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palu, tanggal 14 November 2011. Namun hingga hari ini keputusan tersebut tidak dijalankan oleh Bupati Tojo Una-una,” ujar Muhamad Irsan selaku koordinator aksi.

Selain itu, kata Irsan, tindakan Bupati itu juga melanggar ketentuan Peraturan Daerah No 6 tahun 2006 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

“SK Bupati tentang pemberhentian kepala desa Betaua tersebut mencerminkan perilaku hukum yang abnormal dan cenderung otoritarian karena tidak melalui konsultasi dengan masyarakat Betaua,” katanya.

Lebih lanjut, Irsan mengungkapkan, ada kepentingan penambang bijih besi dibalik keputusan Bupati tersebut. Di kasus itu, ungkap Irsan, Bupati ingin menggeser tapal batas desa Betaua, yang berarti merampas sebagian wilayah desa, demi memberi tempat pada pelabuhan milik PT INA Touna Mining.

Warga desa Betaua sendiri sejak awal menolak kehadiran perusahaan tambang bijih besi tersebut. Dalam aksinya warga juga mendesak Bupati segera mencabut semua Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di kabupaten Tojo Una-Una.

Warga desa berencana akan kembali menggelar aksi lanjutan siang (8/1) ini di markas Polda Sulteng dan kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Mereka mengancam, bila tuntutannya tidak dipenuhi, maka warga desa akan menduduki kantor Gubernur Sulteng.

Syamsul Bachri

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut