SRMI Siantar Tuntut Perbaikan Layanan Kesehatan

Kamis, 21 Maret 2013 | 1:57 WIB 0 Komentar | 112 Views

Aksi massa SRMI Pematang Siantar, Sumatera Utara, di kantor DPRD Setempat.

Aksi massa SRMI Pematang Siantar, Sumatera Utara, di kantor DPRD Setempat.

Puluhan aktivis Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) Kota Pematangsiantar menggelar aksi massa di kantor DPRD setempat, Rabu (20/3). Mereka menuntut Pemerintah Kota (Pemkot) Siantar untuk memperbaiki layanan kesehatan untuk rakyat.

Massa aksi SRMI ini memulai aksinya dari Lapangan Adam Malik. Lalu, dengan mengusung poster dan sejumlah spanduk, mereka bergerak menuju kantor DPRD Siantar.

“Layanan kesehatan di kota Siantar ini masih sangat buruk. Pendataan Jamkesmas, Jamkesda, Jampersal, dan Askes tidak objektif dan akurat. Akibatnya, banyak warga miskin yang tidak terdata,” kata Ketua SRMI kota Pematangsiantar, Fransiskus Silalahi, SH, saat berorasi di depan kantor DPRD setempat.

Selain itu, menurut Frans, fasilitas dan tenaga medis dari tingkat Puskesmas hingga Rumah Sakit sangat minim dan kurang berfungsi dengan baik. Karena itu, ia menyuarakan perlunya desentralisasi layanan kesehayan, yakni mengoptimalkan fungsi perangkat kesehatan dari Puskesmas hingga ke Rumah Sakit.

“Banyak warga miskin yang tidak bisa mengakses layanan kesehatan. Padahal, katanya, sudah ada program jaminan kesehatan untuk orang miskin. Tapi, pada kenyataanya orang miskin tidak terdata,” ujar Frans.

Menurut Frans, layanan kesehatan adalah hak setiap warga negara tanpa memandang latar-belakangnya. “Ini sesuai dengan amanat konstitusi, bahwa kesehatan adalah hak dasar rakyat. Berarti tugas pemerintah untuk memenuhinya,” tegasnya.

Setelah beberapa jam berorasi, massa aksi SRMI ditemui oleh anggota Komisi I DPRD Pematangsiantar, Rudi Wu. Ia menjanjikan akan membahas tuntutan SRMI dalam rapat dewan, yang menghadirkan  Dinas Kesehatan, pihak RSU Djasemen dan SRMI.

HU GET

Tags: , , ,

FeedBerlangganan Via RSS FEED

Info Artikel Terbaru Via Surel :