Tiba Di Batang, Long March Petani Blitar Disambut Organisasi Tani

Minggu, 20 Januari 2013 | 17:28 WIB 0 Komentar | 220 Views

Petani Blitar-KIM

Aksi jalan kaki (long march) ratusan petani Blitar, Jawa Timur, sudah memasuki hari ke-10. Sore (20/1) tadi, mereka sudah memasuki Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Saat ini petani sudah berada di kecamatan Bandar, Batang. Mereka disambut oleh organisasi petani setempat, yakni Omah Tani. Menurut rencana, petani Blitar akan beristirahat satu dua hari di sekretariat Omah Tani.

“Kawan-kawan Omah Tani menyambut kami dengan baik sekali dan menyiapkan tempat menginap untuk kami,” kata Trianto, Koordintor Front Perjuangan Petani Mataraman (FPPM), aliansi payung yang menaungi perjuangan petani Blitar.

Menurut Trianto, petani Blitar dan Omah Tani sudah menyiapkan sejumlah agenda. Diantaranya, diskusi mengenai konflik agraria dan berbagai pengalaman perjuangan.

Tadi pagi, petani Blitar memulai aksinya dari depan kantor DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kendal. Memang, malam kemarin petani menginap di kantor DPC PKB Kendal.

Selain itu, petani juga disambut oleh pengurus Partai Rakyat Demokratik (PRD) Kendal dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND). Petani Blitar sempat menggelar diskusi soal gerakan pasal 33 UUD 1945 dengan aktivis PRD dan LMND.

Saat petani berjalan kaki dari Kendal ke Batang, kondisi cuaca tidak terlalu panas. Kondisi itu cukup menguntungkan petani sehingga mereka bisa melangkahkah kaki dengan penuh semangat.

Begitu massa long march tiba di Terminal Waleri Kendal, mereka menggelar mimbar bebas. Petani menjelaskan persoalannya dan latar-belakang mengapa menggelar aksi jalan kaki ke Jakarta.

Menurut Trianto, semangat juang petani untuk sampai ke Jakarta dan menggelar aksi di depan Istana Negara cukup besar. Meski begitu, Jumat (18/1) lalu, 5 orang petani dipulangkan ke Blitar karena sakit parah.

Andi Nursal

Tags: , ,

FeedBerlangganan Via RSS FEED

Info Artikel Terbaru Via Surel :