Persatuan Rakyat NTB Gelar Mimbar Bebas

Kamis, 19 Januari 2012 | 15:30 WIB 0 Komentar | 45 Views

MATARAM (BO): Puluhan massa dari Persatuan Rakyat (PR) NTB, menggelar aksi mimbar bebas di depan kantor Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat,Kamis (19/01). Massa menuntut Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat supaya mencabut dan membatalkan surat rekomendasi Nomor 522/12/PPH-Dishut/211 tentang Pertimbangan Tekhnis Penggunaan Kawasan Hutan untuk kegiatan eksplorasi emas PT. SMN tertanggal 8 Februari 2011. Yang kemudian surat tersebut dijadikan dasar oleh gubernur NTB dalam mengeluarkan surat rekomendasi Nomor 540/086/adm.Ekon tentang Pinjam Pakai Kawasan Hutan untuk kegiatan eksplorasi PT.SMN.

Heriyadi, Koordinator Umum Aksi, dalam orasinya mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat harus segera bersurat kepada Bupati Bima, Menteri ESDM,Menteri Dalam Negeri,Menteri Kehutanan, Presiden Republik Indonesia agar Surat Keputusan Bupati Bima Nomor 188.45/357/004/2010 tentang Persetujuan Penyesuaian Izin Usaha Pertambangan Ekplorasi Kepada PT.Sumber Mineral untuk segera di cabut, dan membatalkan kembali surat rekomendasi Gubernur tentang Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan untuk kegiatan eksplorasi PT. SMN.

Heriyadi juga menyatakan bahwa rakyat menolak keberadaan Pansus Konflik Agrarian yang akan dibentuk oleh DPR karena akan menyumbat perjuangan kaum tani. “Pembentukannya tidak melibatkan partisipasi rakyat, sehingga dugaan kami Pansus ini akan di gunakan sebagai alat untuk merevisi UUPA tahun 1960, yang nantinya akan mengaburkan perjuangan petani untuk mendapatkan hak atas tanah.”katanya.

“Yang kami butuhkan Panitia Nasional Penyelesaian Konflik Agraria yang di bentuk dari pusat hingga ke Desa-desa. Sebagai bentuk pelaksanaan Undang-undang dan hukum yang berpihak pada rakyat, maka dalam pelaksanaannya Panitia Nasional Penyelesaikan Konflik Agraria harus berdasar Pasal 33 UUD 1945.” Tambahnya.

PR NTB juga mendesak kepada pemerintah dan DPR untuk melakukan pencabutan seluruh Undang- undang yang mendukung kepentingan asing sebagai syarat menuju bangsa yang berdikari, mandiri dan berkepribadian dalam kebudayaan hingga terwujud kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Persatuan Rakyat NTB adalah gabungan beberapa elemen masyarakat Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi, serikat Tani Nasional, Partai Rakyat Demokratik dan Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia.

 Edi SUSILO

Tags: ,

FeedBerlangganan Via RSS FEED

Info Artikel Terbaru Via Surel :