Jutaan Pekerja Mogok Di India

Siang tadi, 28 Februari 2012, India dilanda pemogokan umum besar-besaran oleh ribuan serikat pekerja di negeri itu. Media resmi menyebut jumlah peserta pemogokan mencapai jutaan orang. Sementara pihak serikat pekerja mengklaim akan menurunkan ratusan juta pekerja.

Hampir semua serikat pekerja di India, baik serikat besar maupun kecil, ambil-bagian dalam pemogokan ini. Selain itu, pemogokan ini juga meliputi sektor bank, pelabuhan, dermaga, kereta api, asuransi, transportasi, pekerja sektor energi, dan penerbang.

Di sejumlah negara bagian, khususnya Kerala, West Bengal dan Tripura, dimana pengaruh partai komunis cukup kuat, para pemogok telah memblokir jalan dan jalur kereta api.

Tuntutan para pekerja berpusat pada perlindungan hak pekerja, jaminan sosial untuk sektor pekerja tak teroganisir, tuntutan kenaikan upah minimum, penghentian kenaikan harga, perlawanan terhadap pemberangusan serikat buruh, peningkatan dana pensiun, dan penolakan privatisasi BUMN.

Meskipun ekonomi India tumbuh dengan angka 9% per tahun, lebih dari 400 juta rakyatnya hidup dalam kemiskinan absolut. Sementara 50 orang terkaya di negeri itu menguasai 1/6 kekayaan nasional.

Ekonomi India juga berhadapan dengan inflasi. Perdana Menteri Manmohan Singh berusaha mengurangi defisit anggaran ini dengan mengobral perusahaan negara (BUMN).

“Ini merupakan peristiwa bersejarah. Untuk pertama-kalinya dalam sejarah serikat-serikat pekerja yang besar telah bergabung bersama-sama memprotes kebijakan pemerintah yang anti-pekerja,” kata Sekretaris Jenderal Kongres Serikat Buruh Seluruh India, Gurudas Dasgupta.

“Kami memperjuangkan hak kami melawan pemerintahan yang anti-rakyat,” kata Gurudas Dasgupta.

Pemerintahan Singh, yang juga digoyang oleh isu korupsi bernilai miliaran dollar, sudah berhadapan dengan gelombang pemogokan sejak memulai masa jabatan keduanya pada tahun 2009 lalu.

Beberapa bulan terakhir, India dilanda perlawanan kaum pekerja yang cukup militan, seperti pendudukan dua hari terhadap pabrik Hyundai, pemogokan pekerja Air India, aksi walkout pekerja telekomunikasi, dan perlawanan pekerja tambang terhadap rencana privatisasi.

ALI RAHMAN

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut