Jutaan Orang Teriakkan Penggulingan Hosni Mubarak

Lebih dari satu juta orang membanjiri jantung kota Kairo, kemarin (1/2), tepatnya di lapangan pembebasan (Tahrir), sambil meneriakkan seruan-seruan agar rejim Hosni Mubarak segera mengundurkan diri.

Massa demonstran ini memenuhi hampir seluruh lapangan, sambul menyanyikan lagu-lagu nasional dan meneriakkan “tinggalkan!”.

Suasana begitu meriah dan penuh persaudaraan, meskipun helikopter berkali-kali melintas di atas udara.

Tindakan keras rejim Mobarak terhadap oposisi telah menawaskan sedikitnya 300 orang.

Demonstran memasang dua boneka yang mewakili dua miliarder di negeri ini di lampu pengaturan lalu lintas.

Di dada beberapa demonstran tertulis: “Kami ingin presiden pembunuh ini segera diadili.”

Wajah demonstan dilukis dengan bintang David, yang menggambarkan kemarahan demonstran atas kedekatan Mubarak dengan Tel-Aviv.

Demonstrasi serupa juga terjadi di sejumlah kota-kota penting Mesir lainnya, termasuk Alexandria, Suez, Mansoura, dan Luxor, dan pihak organiser aksi menyatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan tekanan hingga Mubarak terguling pada hari jumat.

Presiden Mesir tampaknya sudah berada di ujung benang, setelah kehilangan dukungan dari Amerika Serikat.

Mubarak juga akan kehilangan dukungan dari militer–Militer pada senin malam berjanji melalui stasiun TV untuk tidak menembak demonstran.

Tentara di pos pemeriksaan pintu masuk lapangan Tahrir tidak melakukan apapun untuk menghalangi demonstran untuk memasuki lapangan.

Sejumlah relawan menggunakan plakat “pasukan keamanan” berputar diantara kerumuman, dan menjelaskan bahwa mereka akan mengamati kemungkinan adanya penyusup dari pemerintah yang hendak memprovokasi kekerasan.

“Kita akan menyingkirkan siapapun yang berusaha membuat kekacauan,” kata seseorang melalui pengeras suara.

Relawan lain bergabung dengan tentara di pos pemeriksaan, memeriksa setiap tas untuk memastikan tidak ada tidak ada senjata.

Sementara itu, bank-bank, sekolah, dan pasar saham di Kairo tutup selama tiga hari berturut-turut.

Sementara itu, bandara Kairo menjadi gambaran kekacauan dan kepanikan akibat sejumlah warga negara asing berusaha keluar dari negeri piramid ini.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags: