Jipang dan Pajang bertempur, Demak Runtuh!

Setelah Sultan Trenggono mangkat, pecahlah konflik politik berkepanjangan dan berdarah-darah di Kasultanan Demak Bintoro.

Sumber konflik adalah perebutan hak atas kekuasaan, yang memicu terjadinya polarisasi politik antara kubu Sultan Trenggono melawan kubu Raden Sekar. Mereka merasa berhak karena sama-sama anak dari Raden Patah, walau beda Ibu.

Konflik politik berdarah dimulai setelah Raden Sekar terbunuh. Anaknya, Aryo Penangsang, balas dendam dengan menghabisi putra Sultan Trenggono, Prawoto, dan Suami Ratu Kalinyakmat, Adipati Jepara.

Aryo Penangsang, seorang yang teguh, pemberani namun temperamental, didukung Sunan Kudus, menghadapi Ratu Kalinyakmat.

Saking dendamnya kepada Aryo Penangsang, Ratu Kalinyakmat bertapa telanjang dan hanya akan berhenti jika sudah mandi keramas dengan darah Aryo Penangsang.

Adipati Pajang, Sultan Hadiwijaya, menantu Sultan Trenggono, adik ipar Ratu Kalinyakmat, cucu Brawijaya, mendapat mandat Ratu Kalinyakmat untuk menghabisi Aryo Penangsang.

Di tengah ancaman armada Portugis, dengan keyakinan masing-masing, konflik politik semakin meluas, melibatkan tentara, laskar dan rakyat.

Dengan didukung Sunan Kalijogo, Sultan Hadiwijoyo mengutus Ki Ageng Pamanahan, Ki Panjawi, Ki Juru Martani, Sutowijoyo, madeg bertempur melawan Aryo Penangsang.

Aryo Penangsang gugur, Kasultanan Demak bubar, pusat kekuasaan berpindah ke Pajang, Surakarta,

Kontradiksi internal kembali muncul di Kasultanan Pajang, ketika anak Ki Gede Pemanahan, Sutowijoyo, yang berhasil membunuh Aryo Penangsang menuntut hak atas hutan Mentaok yang dijanjikan Hadiwijoyo.

Setelah Sutowijoyo mendapatkan Alas Mentaok, ia membangkang dari kekuasaan Pajang.

Mataram berdiri, Kasultanan Pajang sebagai transisi, terjadi perubahan dari kekuasaan maritim ke pedalaman, pada akhirnya Sutowijoyo lah sebagai Pemenang, Penguasa tunggal Kerajaan Jawa di tengah kepungan imperialisme yang sudah menguasai Nusantara!

Salam Gotong Royong

Agus Jabo Priyono
(Ketua Umum PRD)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut