Iskhia Wenas: Bangun Papua dari Kampung

Sudahkah pembangunan di Papua, termasuk proyek infrastruktur besar-besaran dari pemerintahan Joko Widodo, sudah menyentuh kehidupan orang Papua?

Pertanyaan reflektif itu banyak terlintas di kepala banyak anak muda di Papua. Termasuk yang menghinggapi pikiran Iskhia Wenas Wakerkwa, mahasiswa Papua asal Umbanume, Lanny Jaya, Papua, yang kini menempuh studi di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Menurut Iskhia, sementara pembangunan semakin gencar di Papua, kondisi masyarakat aslinya justru memprihatinkan. Karena desakan persaingan ekonomi, orang-orang asli Papua semakin terdesak ke pedalaman atau pegunungan.

Merujuk ke data BPS tahun 2010, ada lima kabupaten/kota di Papua dengan mayoritas bukan asli Papua, yakni Merauke (62,73 persen), Nabire (52,46 persen), Mimika (57,49 persen), Keerom (58,68 persen), dan Kota Jayapura (65,09 persen).

“Siapa yang akan menikmati pembangunan itu, juga tempat wisata yang indah-indah itu, sementara orang asli Papua makin terdesak,” ujar Iskhia kepada berdikarionline.com, Minggu (28/7/2019).

Karena itu, kata Iskhia, kalau pembangunan mau dilakukan di Papua, harus dimulai dari kampung-kampung atau pedesaan. Selain itu, kata dia, pembangunan sumber daya manusia (SDM) masyarakat asli Papua harus menjadi prioritas.

“SDM orang Papua harus dibangun, agar bisa mengelola sendiri tanahnya,” tegas dia.

Terakhir, dia berharap agar budaya dan adat masyarakat Papua dijaga dan dilestarikan.

Terkait rencana Partai Rakyat Demokratik (PRD) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) tentang Papua dalam waktu dekat ini, Iskhia berharap agar kegiatan itu bisa membahas persoalan-persoalan mendasar di Papua.

“Misalnya, apakah Pancasila itu sudah dijalankan di Papua. Juga soal cara pembangunan SDM,” tuturnya.

Dia juga berharap anak-anak muda Papua, sebagai pewaris masa depan, bisa berpartisipasi di Mubes itu agar ditemukan sebuah resolusi yang menjawab persoalan mendasar di Papua.

Mahesa Danu

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid