Ini 5 Alasan Kenapa PRD Makassar Dirikan Posko Menangkan Pancasila

Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik (KPK-PRD) Makassar berencana mendeklarasikan Posko Menangkan Pancasila di bawah jembatan layang (flyover) kota Makassar, Selasa (10/10/2017), siang ini.

Sehubungan dengan rencana deklarasi itu, Ketua KPK PRD Makassar Zainal Mappatoba membeberkan 5 alasan pentingnya pendirian posko Menangkan Pancasila itu.

Pertama, praktek korupsi masih menjadi-jadi di kalangan pejabat eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Korupsi adalah bentuk nyata pengingakaran terhadap Pancasila,” jelas Zainal kepada berdikarionline.com, Selasa (10/10/2017).

Kedua, kesenjangan sosial yang makin melebar, sehingga menghilangkan semangat sila keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Zainal mengutip data Oxfam, kekayaan 4 orang terkaya di Indonesia sama dengan kekayaan 40 persen atau 100 juta penduduk termiskin di Indonesia.

Ketiga, dominasi penguasaan sumber daya alam oleh korporasi asing, yang menyebabkan bangsa ini gagal memaksimalkan potensi kekayaan alamnya untuk kesejahteraan rakyatnya.

Keempat, maraknya penggunaan SARA dan sentimen rasial dalam beberapa ajang politik akhir-akhir ini, yang berpotensi mengancam keutuhan Republik Indonesia.

“Penggunaan isu SARA itu adalah penghianatan luar biasa terhadap Pancasila dan konsensus kebangsaan kita yang berdiri di atas kemajemukan,” tegas Zainal.

Kelima, demokrasi liberal yang makin ugal-ugalan dalam kehidupan politik, yang menciptakan ketidakstabilan dan guncangan politik.

Padahal, kata Zainal, Pancasila sudah menggariskan demokrasi yang berbasiskan “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan-perwakilan.”

Rencanya, acara deklarasi posko Menangkan Pancasila akan dihadiri oleh 500-an anggota dan simpatisan PRD kota Makassar.

Risal Kurnia

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut