IMM Jawa Barat Tolak RUU Ormas

Meskipun pengesahan RUU Ormas ditunda tanggal 12 April lalu, tetapi aksi massa menentang pengesahan RUU ini masih berlangsung di berbagai daerah.

Di Bandung, Jawa Barat, puluhan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), menggelar aksi menolak pengesahan RUU Ormas di depan Gedung Sate Bandung, Jumat (19/4).

Menurut Koordinator Lapangan aksi IMM, Nunu Setia Nugraha, spirit pembuatan RUU Ormas ini bukan dilatarbelakangi oleh semangat demokrasi, melainkan bentuk kekhawatiran dan phobianisme penguasa terhadap keberadaan ormas.

Ia juga menganggap RUU ormas ini gampang sekali dipolitisasi oleh partai politik penguasa. “Dan ini bisa dijadikan produk politik yang kapan saja bisa digunakan untuk melumpuhkan ormas yang dianggap menyimpang,” ujarnya.

Ia juga beranggapan, RUU ormas sangat berpotensi mengembalikan Indonesia ke jaman orde baru. Pasalnya, redaksional beberapa pasal dalam RUU tersebut dianggap akan mengekang dan mengintervensi kebebasan berserikat.

Dalam seruan politiknya, IMM menyatakan bahwa RUU Ormas sangat bertentangan dengan semangat UUD 1945 dan Deklarasi Universal Hak-hak Azasi Manusia PBB.

Dalam aksinya, selain membawa bendera organisasnya, massa aksi IMM juga membawa sejumlah poster, antara lain, bertuliskan ‘Tolak RUU Ormas’, ‘RUU Ormas Ahistoris dan Insomnia Sejarah’, dan ‘DPR Pro Parpol, DPR Musuh Ormas’.

Aditya Wahyu 

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut