ILO Laporkan Indeks Pengangguran Pemuda Tertinggi Dalam Sejarah

JENEWA: Tingkat pengangguran kaum muda di dunia mencapai 13 %, adalah tertinggi dan diperkirakan akan terus meningkat di tahun 2010, demikian dilaporkan Organisasi Buruh Internasional (ILO) pada hari Kamis, seperti ditulis oleh kantor berita Prensa Latina.

Dalam sebuah laporan mengenai kecenderungan global kesempatan kerja di sektor masyarakat, ILO menunjukkan bahwa fenomena ini berdampak pada 81 juta pemuda di dunia, terutama Negara-negara berkembang.

Hari ini kaum muda tidak mengetahui dimana dan bagaimana mereka menemukan tempat bekerja, kata ekonom Sara Elder, penulis dokumen itu.

Para ahli di ILO juga mencatat, bahwa pada akhir tahun 2009, sebanyak 81 juta dari 620 juta pemuda yang aktif secara ekonomi, berusia antara 18-24 tahun, adalah pengangguran.

Angka ini mewakili 7,8 juta lebih dari dua tahun yang lalu, dan menunjukkan bahwa tingkat pengangguran pemuda di dunia telah meningkat 11,9 menjadi 13 persen pada periode yang sama.

Kecenderungan yang nyata ini membawa konsekuensi penting bagi kaum muda; sebagai pendatang baru dalam pasar tenaga kerja, masuk dalam barisan penganggur yang diberi makan.

Laporan ini memperingatkan ancaman “hilangnya generasi” akibat pengangguran yang sangat tinggi.

Krisis global saat ini, yang terburuk dalam sejarah, telah menambah peningkatan pengangguran besar-besaran, meningkatkan secara dramatis kemiskinan, kelaparan, dan ketersingkiran.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut