Hollywood Menyerang Hugo Chavez

Sebuah film yang dirilis pada Jumat, 30 Maret 2012, dan akan dijual sebagai ‘film komedi saat ini’. Ini tentang sebuah rumah di kebun binatang, sebuah film dari Cameron Crowe yang dibintangi Matt Damon dan Scarlett Johansson, yang terdengar sangat menarik untuk terjual di box office.

Namun, meskipun hanya sebuah film keluarga dengan kisah penuh petualangan, tetapi di dalamnya ada adegan di luar konteks (di menit pertama film ini), yang dimaksudkan mengejek Presiden Venezuela, Hugo Chavez, serta melabelinya sebagai “seorang berbahaya dan diktator”.

Cerita, yang diproduksi oleh 20th Century Fox, dimulai dengan baik ketika—dengan omong sendiri—pemeran utama Benjamin Mee (diperankan Damon) diperkenalkan sebagai wartawan yang memiliki spesialisasi menulis petualangan. Setelah itu, ia ditunjukkan sedang mewancarai “diktator berbahaya”. Kemudian penyimpangan aneh diambil dari alur cerita utama film tersebut ketika seorang pria dengan tahi lalat di keningnya dan kemeja merah diwawancarai oleh Mee.

“Lihat, sampaikan pesan ini untuk koboi Amerika (mengacu kepada bekas Presiden AS,  George W Bush) bahwa kami memberikan kredit 10 miliar kepada China, dalam bentuk minyak,” demikian kata orang yang digambarkan Chavez di film itu, yang kemudian berdiri, dan dengan ekspresi marah berteriak di dalam mikrofon wartawan, “Walet itu, Mr Danger”.

Berikutnya, Mee—dengan sangat tenang—bertanya tentang film favoritnya, dan orang yang digambarkan Chavez itu merespon, dengan tenang, “Toy Story”. Adegan ini dimaksudkan bahwa Presiden ini mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan radikal. Adegan 27 detik ini berakhir ketika Chavez dalam kereta kepresidenannya (juga dengan topi dan kaos merah) bertanya apakah mereka ingat jika dirinya suka satu atau dua film. “The Second”, jawab salah satu dari orang itu.

Pesan Sadar

Ini sedang dijual kepada publik sebagai film keluarga yang ramah, petualangan, dan bahkan film komodi. Akan tetapi, pesan film ini dengan mendorong kebencian dunia terhadap Presiden Venezuela. Namun, selain ini, salah seorang yang ditunjukkan di kereta kepresidenannya (duduk tepat di belakang Matt Damon) diperlihatkan punya tattoo di bawah lehernya yang bergambar tanaman ganja.

Gambar ini mengarahkan dunia untuk memahami bahwa Venezuela dan pemerintahannya mendukung penjualan dan konsumsi ‘obat-obat terlarang’, sementara film ini ditujukan untuk menghibur keluarga, termasuk remaja dan anak-anak.

Yang juga membuat kesan adalah bahwa distributor menunjukkan dalam publikasi mereka bahwa film tersebut didasarkan “pada kisah hidup yang luar biasa nyata”, tentang seorang penulis duda dan sekaligus seorang ayah dari seorang remaja 14 tahun dan gadis 7 tahun, dimana mereka melakukan petualangan pindah rumah di kebun binatang. Itu bagus, dalam melihat kehidupan Benjamin Mee, dalam sebuah resensi ia mengatakan bahwa dirinya digunakan untuk mewancarai ahli, melewati saran mereka melalui saringan dan memilih bagian-bagian penting dari pendapat mereka. Ia tidak mengatakan bahwa ia mewancarai seorang “diktator berbahaya”.

Dalam 27 detik pada menit pertama film itu, publik dimanipulasi sehubungan dengan isu kekerasan kepala negara terhadap wartawan, tentang hubungan Venezuela dengan China (Digambarkan dengan belanja foya-foya), dan, tentu saja, untuk banyak alasan minyak nasional disebutkan, telah menambah gambar sublimasi film ini.

Beberapa menit kemudian, Mee menawarkan kepada bosnya, McGinty, sebuah artikel tentang akhir sebuah dunia dari sudut pandang generasi yang akan menjaganya. Untuk itu ia akan pergi ke gunung meletus. Bosnya mengejek hal itu dan menawarkan sebuah kolom: “Hidup memang seperti itu sekarang, jika surat kabar bangkrut atau dijual, Anda masih akan memiliki pekerjaan”.

Sebagai tanggapannya, Mee berhenti. Tetapi apa yang mereka coba tunjukkan ialah bahwa bos media swasta adalah penyayang dan pelindung.

Anda bisa melihat adegan itu di sini

RAZIO CAZAL, CIUDAD CCS / ALBA CIUDAD

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut