Himbauan KIPP Indonesia Menyambut Pilpres 2014

KPU

Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia mengajak dan menghimbau rakyat Indonesia agar turut terlibat aktif dalam proses mengawasi proses pelaksaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2014 mendatang.

“Mari berpartisipasi dalam menciptakan pelaksanaaan Pilpres 2014 yang jujur, adil, damai serta jauh dari tindakan-tindakan kontra-demokrasi,” kata Wakil Sekretaris Jenderal KIPP Indonesia, Girindra Sandino, di Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Girindra juga meminta penyelenggara pemilu, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan jajarannya, untuk benar-benar mengedepankan asas penyelenggara pemilu, yakni: mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efesiensi, dan efektifitas.

“Pengalaman Pemilu Legislatif lalu menunjukkan banyak pelanggaran etik, administrasi, dan pidana, lebih didominasi oleh jajaran KPU di tingkat bawah,” ungkap Girindra.

Ia juga mendesak agar berbagai bentuk pelanggaran, baik yang bersifat administrasi, pidana maupun etik, untuk segera diusut hingga tuntas. Ia menyebut contoh surat kepada guru-guru sekolah untuk mendukung salah satu pasangan Capres-Cawapres tertentu dan kasus Obor Rakyat.

Girindra mengungkapkan, guna memastikan pengawasan terhadap pelaksaan Pilpres mendatang, KIPP Indonesia akan membangun posko pengaduan masyarakat di berbagai tempat.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut