Hebat! Sektor Informal Pun Dapat Dana Pensiun Di Venezuela

Revolusi memang membuat sesuatu yang awalnya seolah tidak mungkin menjadi sesuatu yang mungkin. Itulah yang terjadi di Venezuela saat ini. Orang-orang yang tidak terjangkau sistem asuransi nasional, termasuk para pekerja informal, akhirnya diberi hak mendapatkan dana pensiun di hari tua.

Kemarin, 13 Desember 2011, Presiden Hugo Chavez meluncurkan misi sosial baru bernama “Misi Mencintai Orang Tua”. Dengan misi sosial ini, orang-orang tua di Venezuela, sekalipun tidak pernah bekerja di perusahaan negara atau publik, akan mendapat dana pensiun dari negara.

Misi sosial baru ini akan memberi dana pensiun kepada para nelayan, pembantu rumah tangga, pengrajin, sopir taksi, dan lain-lain. “Hari ini masih banyak rakyat Venezuela yang tidak sanggup membayar asuransi, yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga, sehingga mereka tidak terdaftar di sistim asurasi nasional dan, dengan alasan itu, tidak menerima dana pensiun,” kata Chavez.

“Itu tidak adil. Revolusi akan memberi mereka dana pensiun,” ujar Hugo Chavez, yang beberapa hari lalu juga meluncurkan misi sosial untuk anak-anak dan ibu hamil.

Pemicu program dana pensiun ini adalah seorang wanita tua berusia 80-an tahun bernama Bernarda Anaya. Ia sudah 60 tahun lebih menjadi pembuat kerajinan tangan di Falcon barat. Ia tidak mendapat jaminan sosial dan tidak menerima uang pensiun.

Bernarda Anaya sangat berjasa bagi revolusi Bolivarian. Meskipun menderita kanker, janda dengan tujuh anak ini masih mengorganisir nenek-nenek untuk membantu revolusi. Bernarda adalah pemimpin dari asosiasi nenek-nenek yang mengajar di sekolah-sekolah dekat rumah mereka. Sungguh luar biasa!

Pemicu program ini lainnya adalah seorag kakek bernama Mauro Gonzalez, 71 tahun, yang bekerja di sebuah radio komunitas di Caracas. Beberapa bulan lalu, ia mendatangi sebuah acara yang dihadiri oleh Chavez. Di situ ia meminta Presiden agar membantu orang tua yang tak menerima pensiun.

Pada suatu hari, Chavez memanggilnya dalam talk-show di radio. Di situlah Chavez mengumumkan rencananya mengurus rakyat yang tidak tercakup dalam program asuransi nasional.

Mauro adalah pendukung setia revolusi. Kakek tua ini memimpin front sosialis yang terdiri dari kakek-kakek.

Crisanto España, seorang yang terkenal karena prestasi olahraga di tingkat nasional dan internasional, juga menjadi bagian dari misi sosial ini. Selama ini, Crisanto España tidak terdaftar dalam sistim asurasi nasional dan tidak menerima dana pensiun.

Kini, berkat kehendak kuat revolusi untuk mengangkat martabat rakyat, orang tua seperti Bernarda Anaya, Mauro Gonzales, dan Crisanto España bisa tersenyum dan berkurang beban ekonominya di hari tua.

Revolusi sosialis memang sedang berjalan di Venezuela. Dengan begitu, revolusi juga sudah berusaha melangkah lebih jauh dari model kapitalistik. Di negeri kapitalis maju, jaminan sosial hanya terbatas kepada mereka yang sanggup membayar kontribusi. Namun, di Venezuela, jaminan sosial diberikan kepada rakyat yang selama ini terkecualikan oleh sistim jaminan sosial tradisional.

Dukungan terhadap kepemimpinan Hugo Chavez juga makin meningkat. Sebuah survey yang dilakukan oleh Venezuelan Institute for Data (IVAD) mengungkapkan, sebanyak 71,5% rakyat Venezuela memberikan apreasi positif terhadap pemerintahan Hugo Chavez. Hanya 25.5% yang memberikan apresiasi negatif dan 3% yang tidak memberikan respon.

Revolusi Bolivarian telah membuktikan keberpihakannya kepada rakyat: revolusi Bolivarian telah menginvestasikan 400 miliar bolivar untuk pembangunan sosial selama 12 tahun, sedangkan pembangunan kapitalis hanya menganggarkan maksimum 100 miliar bolivar selama 40 tahun.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut