Hebat! Rakyat Brazil Bisa Berobat Di Rumah Tanpa Biaya

Tidak ada yang tak mungkin jika pemerintah punya kemauan. Pemerintahan Dilma Roussef di Brazil membuktikan hal itu. Sejak Selasa (8/11), rakyat Brazil bisa menikmati layanan kesehatan gratis di rumahnya.

Program itu dinamai “Lebih Baik Di Rumah”. Program ini ditujukan kepada pasien yang sedang menjalani terapi fisik, orang tua, penderita penyakit kronis tapi belum serius, dan pasien pasca operasi.

Dengan program ini, pemerintah berharap bisa mengurangi antrean panjang di rumah sakit dan sedikit mengosongkan beberapa tempat tidur di klinik-klinik kesehatan.

Meski pasien akan dirawat di rumah, pemerintah tetap menjanjikan akan memberikan kualitas perawatan terbaik. “Pasien akan tetap dekat dengan keluarganya, merasa aman dan nyaman, dan tidak merasa tertekan seperti di rumah sakit,” ujar Dilma Roussef, perempuan yang pernah menjadi pimpinan gerilyawan kiri ini.

Untuk tahap pertama, pemerintah akan membentuk 1000 tim dan 400 tim pendukung. Setiap satu tim diharapkan bisa melayani setidaknya 60 pasien. Tim itu akan dibentuk oleh para dokter, perawat, dan asisten perawat.

Program tahap pertama membutuhkan dana sebesar 1 miliar reais (574 juta dolar AS). Dana itu merupakan hasil patungan pemerintah pusat dan kotamadya. Setiap kota dengan penduduk lebih dari 40 ribu akan mendapat program kesehatan ini.

Dilma Roussef adalah presiden dari Partai Buruh (PT). Sejak terpilih sebagai presiden dalam pemilu lalu, ia langsung menggencarkan program sosial untuk rakyatnya.

Misalnya, ketika baru terpilih, ia langsung meluncurkan program “Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik”. Program ini dimaksudkan untuk menolong kaum miskin di kota dan di daerah pedesaan agar mereka bisa berproduksi. Inti program ini adalah pemberian pelatihan teknis, promosi pertanian keluarga, dan pembangunan unit usaha akar rumput.

Ia juga melanjutkan dan memperluas program “Bolsa Familia”, sebuah program yang sudah berjalan sejak pemerintahan Lula Da Silva. Program ini dirancang untuk keluarga paling miskin di Brazil. Ia juga menggelontorkan dana sebesar 13 milyar USD untuk mendanai program “Brazil Sem Miséria (Brazil tanpa kemiskinan)”.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut