Hasil Jajak Pendapat: 82% Anggap Indonesia Belum Merdeka

JAKARTA: Meskipun sudah dinyatakan merdeka secara formal, namun ada 82% suara menganggap bahwa Indonesia belum merdeka.

Demikian terungkap dalam jajak pendapat yang digelar Litbang Berdikari Online sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65. Jajak pendapat ini dimulai sejak tanggal 1-31 Agustus 2010, dan berhasil mengumpulkan 609 suara.

Dari keseluruhan suara itu, ada 82% atau 500 suara yang menyatakan Indonesia belum merdeka, 16 % atau 96 suara menyatakan Indonesia berada dalam setengah merdeka dan setengah jajahan, dan hanya 1% atau 8% yang menyatakan sudah merdeka.

Meski begitu, bidang Litbang Berdikari Online, Kusno, menuturkan, jajak pendapat ini memang belum bisa dijadikan kesimpulan objektif secara umum, karena pembaca berdikari online belum meluas di tingkatan pembaca rakyat biasa.

“Karena segmen pembacanya kebanyakan aktivis pergerakan, maka kesenjangan suaranya kelihatan sangat mencolok. Bisa saja situasinya akan lain jika jajak pendapat ini diperluas,” ujarnya.

Selain itu, tingkat akurasinya juga masih rendah karena seorang pemilih bisa melakukan “klik” berkali-kali pada hari yang berbeda.

Namum, dia menyakini, bahwa hasil jajak pendapat ini mewakili suara sebagian besar rakyat Indonesia yang belum menikmati arti dan makna kemerdekaan secara utuh. “mereka yang diperlakukan sewenang-wenang oleh pemerintah, digusur tempat tinggalnya, diusir dari rumah sakit karena masalah biaya, korban PHK, dan sebagainya, akan menganggap bahwa kita belum merdeka,” ungkapnya.

Dia juga menarik fakta di berbagai bidang, misalnya di lapangan ekonomi, yang mana kekuasaan modal asing semakin mendominasi, sementara ekonomi rakyat makin tergusur. (Ulf)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut