Hari Tani Nasional: PRD, STN, LMND Poso Datangi Kantor Kejaksaan Poso dan DPRD Poso

PRD-Konflik Agraria.jpg

Peringatan Hari tani Nasional setiap tanggal 24 September selalu diperingati oleh berbagai organisasi di berbagai daerah. Kemarin, Rabu (24/9), Ratusan massa dari PRD Poso, LMND Poso, dan STN Poso, menggelar aksi massa ke kantor Kejaksaan Negeri Poso . Mereka memulai aksinya dengan berjalan kaki dari jalan tanjung bulu kelurahan Kasintuwu, Poso, Sulawesi Tengah.

Sesampainya di kantor Kejaksaan Negeri Poso, Rizki Hendra, selaku koordinator lapangan menyampaikan orasinya terkait marakya kriminalisasi yang terjadi pada para pejuang agraria dan petani akibat mempertahankan tanah dan hak-hak petani yang berkaitan dengan produksi petani itu sendiri.

Setelah beberapa jam menggelar orasi-orasi politik secara bergantian, massa aksi kemudian melanjutkan aksinya ke kantor DPRD Poso, Sulteng dan kembali menggelar orasi-orasi politik. Selain itu, massa aksi juga membacakan pernyataan sikap dan tuntutan mereka. Adapun tuntutan massa aksi yang disampaikan, yaitu: 1) Bentuk Panitia Nasional Penyelesaian Konflik  Agraria, 2) Nasionalisasi Perusahaan Tambang Asing Untuk kesejahteraan kaum tani, 3) Tolak rencana kenaikan BBM, 4) Tolak Pendidikan Mahal bagi rakyat miskin, 5) Bebaskan pejuang Agraria, Eva Bande, Mohammad ridwan, Ridwan Tawalili, dan lain-lain, 6) Tolak PT. Sawit Jaya Abadi (SJA), di Pamona Timur dan Pamona Tenggara, 7) Kedaulatan petani terhadap arah kebijakan pertanian yang di keluarkan oleh pemda POSO, 8) Laksanakan Pasal 33 UUD 1945 dan UUPA No. 5 Tahun 1960.

Dalam aksinya, massa aksi juga diterima oleh DPRD Poso dengan mengajak berdialog di dalam gedung DPRD Poso.

Ichan Dzar

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut