Hari Buruh, Venezuela dan Bolivia Naikkan Upah Buruh

Ada tradisi rutin yang selalu dilakukan oleh Venezuela dan Bolivia pada setiap peringatan Hari Buruh Sedunia. Dua negara berhaluan sosialis itu mengumumkan kenaikan upah minimum.

Begitu juga dengan peringatan Hari Buruh Sedunia tahun ini. Dua negara Amerika Latin itu kembali mengumumkan kenaikan upah minimum buruhnya.

Hari Sabtu (30/4/2016), Presiden Bolivia Evo Morales mengumumkan kenaikan upah minimum sebesar 9 persen. Kenaikan upah ini langsung berlaku pada hari Minggu (1/5/2016), bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Sedunia.

“Kami menjamin bahwa langkah ini (menaikkan upah) tidak akan mengorbankan pertumbuhan ekonomi,” kata Presiden Evo Morales saat pengumuman kenaikan upah.

Menurut Presiden pribumi pertama Bolivia itu, kewajiban pemerintah adalah memenuhi tuntutan buruh, termasuk soal upah dan kesejahteraan. Kendati demikian, kata Morales, kenaikan upah tahun ini tidak begitu tinggi karena situasi ekonomi dunia dan turunnya harga minyak.

Sejak tahun 2006, kenaikan upah Venezuela sudah melebihi 110 persen. Organisasi Buruh Internasional (ILO) menyebut kenaikan upah buruh Bolivia termasuk yang tertinggi di Amerika Latin.

Sabtu (30/4) malam, Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga mengumumkan kenaikan upah minimum sebesar 30 persen. Upah baru tersebut resmi berlaku pada tanggal 1 Mei 2016.

“Kami melakukan ini untuk membela rakyat Venezuela dari perang ekonomi konvensional yang dilancarkan sayap kanan untuk mengacaukan negara,” kata Maduro seperti dikutip teleSUR, Minggu (1/5/2016).

Kebijakan Presiden Maduro ini patut diacungi jempol. Pasalnya, kendati penerimaan negara Venezuela sedang jeblok akibat jatuhnya harga minyak dunia, pemerintah Venezuela tetap mengutamakan kesejahteraan buruhnya.

Harga minyak dunia telah melorot dari 108 USD per barel menjadi 35 USD per barel. Situasi itu benar-benar menghantam jantung perekonomian Venezuela. Sebab, negeri sosialis ini menggantungkan 90 persen pendapatannya dari ekspor minyak.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut