Hari Buruh Di Kuba Dan Venezuela

Rakyat Kuba tumpah ruah di jalan-jalan dan setiap alun-alun di berbagai Kota di seluruh negeri saat perayaan Hari Buruh Sedunia dan penegasan kembali untuk mendukung Revolusi sosialis.

Dimana-mana tampak bendera nasional Kuba, plakat dan banner yang berisi dukungan kepada sosialisme, kemenangan yang telah dicapai, dan penolakan terhadap agresi imperialisme AS.

Di kota Havana, Ibukota negara Kuba, para pelajar dan pekerja sektor pendidikan memulai parade massa di hadapan puluhan ribu orang yang sudah berkumpul di Lapangan Revolusi.

Di tribun sendiri sudah ada Sekjend Partai Komunis Kuba Jose Ramon Machado Ventura dan Sekjend Serikat Buruh Kuba Salvador Valdes. Di sini, hadir pula lebih dari 1500 orang dari perwakilan 73 negara.

Lapangan Revolusi, yang menjadi pusat perayaan Hari Buruh, telah dipenuhi dengan potret berukuran besar pahlawan revolusi seperti Ernesto Che Guevara, Camilo Cienfuegos, dan pahlawan nasional Kuba Jose Marti.

Sementara itu, Presiden Raul Castro dilaporkan memimpin langsung parade hari buruh di lapangan Revolusi Antonio Maceo, di kota sebelah timur.

Sementara itu, di Caracas, Ibukota negara Venezuela, Presiden Hugo Chavez disambut dengan meriah oleh ratusan ribu buruh saat perayaan Hari Buruh Internasional di negeri itu.

Chavez, yang menumpangi kendaraan warna merah, tampak dielu-elukan oleh ratusan ribu pekerja yang berterima kasih atas keberhasilan pemerintahannya.

Chavez mengatakan bahwa, selama 12 tahun proses revolusi, kaum pekerja telah mengambil peranan utama dan menentukan dalam mendorong proses revolusi sosialis di negaranya.

Chavez juga menyampaikan keberhasilan pemerintahannya, yang selama 12 tahun proses revolusi, telah memberikan pekerjaan kepada 3,2 juta orang.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • hani sandewa

    hidup kaum buruh se-dunia

  • Andreas Kusumajaya

    Karl Marx berkata: \Wahai Kaum Buruh Sedunia Bersatulah! Kau Takkan Kehilangan apapun selalin Rantai Belenggu!\