GNP-33 UUD 1945 Jambi Kecam Kriminalisasi Pejuang Agraria

GNP-33 Jambi

Puluhan massa aksi Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 (GNP-33 UUD 1945) Jambi menggelar aksi massa di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jambi, Kamis (7/2). Mereka mengecam tindakan kepolisian mengkriminalkan perjuangan agraria di Indonesia.

“Kriminalisasi aktivis tak lebih dari upaya untuk menghentikan perjuangan petani. Artinya, dalam kasus ini, polisi telah menunjukkan posisinya sebagai centeng pemilik modal,” kata Sekretaris Partai Rakyat Demokratik (PRD) Jambi, Zulham Adamy, S.H.

Menurut Zulham, dengan derasnya arus modal masuk ke penjuru wilayah Indonesia, kasus konflik agraria juga terus meningkat. Dalam tahun 2012 saja, terjadi 198 konflik agraria di Indonesia. “Kalau konfliknya meningkat, pemilik modal butuh jaminan keamanan,” katanya.

Dalam aksinya, GNP-33 UUD 1945 Jambi mendesak pembebasan dua pejuang agraria, yakni Muhamad Ridwan dan Muis, yang ditangkap oleh Polres Bengkalis pada hari Minggu (3/2) lalu.

Ridwan dan Muis adalah aktivis Serikat Tani Riau (STR). Polres Bengkalis menuding keduanya telah menghasut petani untuk melawan hukum dan melakukan perbuatan tidak menyenangkan. Padahal, pada kenyataannya, Ridwan dan Muis terlibat dalam memperjuangkan hak kaum tani yang dirampas pemilik modal. Keduanya juga terlibat dalam advokasi buruh PT. EMP Malacca Strait, SA yang ditindas pengusahanya.

Selain menuntut pembebasan Ridwan dan Muis, GNP-33 UUD 1945 Jambi juga mendesak pembebasan pejuang agraria lainnya yang ditahan di berbagai kantor Kepolisian, seperti Anwar Sadat (Direktur Walhi Sumsel) dan 2 kawannya di Mapolda Sumsel, 17 petani ditahan di Polres Labuhan Batu (Sumatera Utara), dan 5 orang ditahan di Polres Pare Kediri (Jawa Timur), dan Ketua LMND Sikka Yohanes Nunang di Polres Sikka (NTT).

Dalam aksinya, massa aksi GNP-33 UUD 1945 menuntut rezim SBY segera melaksanakan pasal 33 UUD 1945 dan UUPA 1960 sebagai solusi penyelesaian ketidakadilan agraria di Indonesia.

Hadi Yatullah

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut