GNP 33 Kota Pematangsiantar Gelar Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM

GNP 33 Kota Pematang Siantar Tolak kenaikan BBM

Puluhan massa yang terdiri dari organisasi Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) Pematangsiantar, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Pematangsiantar, Kelompok Studi Perempuan Pertiwi (KSPP),  Koperasi Produksi Berdikari (KPB) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Simalungun yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pasal (GNP) 33 kota Pematangsiantar menggelar aksi tolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Jumat (14/11/2014). Aksi ini dilakukan untuk menolak kenaikan harga BBM yang rencananya akan dinaikkan oleh pemerintahan Jokowi-JK dalam waktu dekat ini.

Aksi jalan kaki tersebut dilakukan dengan mengelilingi beberapa tempat  titik keramaian kegiatan masyarakat seperti pasar dan jalan umum. Setelah itu, massa aksi kemudian melanjutkan aksinya ke kantor DPRD Kota Pematangsiantar.

Koordinator aksi, Parluhutan Banjarnahor, dalam orasinya mengatakan bahwa kenaikan harga BBM akan memberatkan rakyat Indonesia, karena kenaikan harga BBM akan diikuti oleh kenaikan harga transportasi, naiknya harga barang di pasar seperti sembako yang menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat yang nantinya akan menghancurkan sektor produksi dan usaha-usaha kecil rakyat.

“Kenaikan harga BBM juga akan mengakibatkan jumlah pengangguran meningkat,”katanya.

Dalam aksinya, mereka meminta secara tegas kepada DPRD Pematangsiantar untuk menolak secara tegas terhadap rencana kenaikan harga BBM. Selain itu, dalam tuntutannya massa aksi juga meminta kepada pemerintah untuk melaksanakan Trisakti dan Pasal 33 UUD 1945, serta menasionalisasikan tambang-tambang asing.  Massa aksi juga mengecam tindakan represifitas aparat kepolisian terhadap rakyat yang menolak kenaikan harga BBM.

Sebelum membubarkan aksinya, massa aksi kemudian meninggal spanduk penolakan kenaikan harga BBM di depan kantor DPRD karena tidak seorangpun anggota DPRD yang datang menemui massa aksi.

Rini

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut