GMNI: Kabinet Jokowi-JK Harus Memahami Trisakti Bung Karno

Ketua Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI),  Twedy Noviady Ginting, menilai kabinet Jokowi-JK akan kesulitan mewujudkan Nawacita, khususnya kedaulatan pangan dan energi.

“Mencermati nama-nama yang masuk dalam bursa menteri kabinet Jokowi-JK, maka bisa dipastikan Nawacita khususnya kedaulatan pangan dan energi ‎mustahil tercapai,” kata Twedy Noviady melalui siaran pers, Jumat (24/10/2014).

Menurutnya, syarat calon menteri seharusnya tidak hanya cukup ‎bebas  dari korupsi, tetapi juga harus paham Trisakti Bung Karno. Dengan begitu, Nawacita Jokowi-JK bisa diwujudkan.

“Bila calon menterinya hanya bebas korups, tetapi tidak memperjuangkan Trisakti Bung Karno, Indonesia belum tentu mencapai kedaulatan pangan dan impor pangan,” tegasnya.

Karena itu, menurut dia, apabila Jokowi ingin mewujudkan Trisakti Bung Karno dan Nawacita, khususnya di ekonomi, pangan, energi, maka syarat mutlak calon menterinya adalah harus memahami Trisakti Bung Karno.

Jika seorang Menteri memahami Trisakti Bung Karno, lanjut Twedy Noviady, maka bisa dipastikan menteri bersangkutan akan memiliki patriotisme di sektor pangan, energi, dan ekonomi.

“Patriotisme menjadi nyawa perjuangan setiap menteri ‎dalam kabinet Jokowi-JK,” tandasnya.

Selanjutnya, tambah dia, calon Menteri di Kabinet Jokowi-JK harus punya track record yang baik, bebas korupsi, kompetensi, dan memiliki integritas.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut