Gerlita Desak PT. Vale Indonesia Segera Bangun Pabrik

Seratusan massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Lingkar Tambang (Gerlita) mendesak PT Vale Indonesia Tbk segera merealiasikan janjinya terkait pembangunan pabrik.

Desakan tersebut disuarakan oleh Gerlita saat menggelar aksi massa di kantor DPRD Kabupaten Morowali, Senin (29/9/2014). Massa aksi bergerak dari desa Kolono, kecamatan Bungku Timur, Morowali, menuju kantor DPRD.

Humas aksi Gerlita, Niswanto Rachman, mengatakan, sejak 46 tahun yang lalu PT. Vale Indonesia (sebelumnya PT. INCO Tbk) menguasai lahan seluas 36.635 hektar di wilayah blok Bahodopi, Morowali. Namun, hingga sekarang lahan tersebut belum dibangunkan pabrik.

“Seharusnya PT. Vale Indonesia sudah membangun pabrik biji nikel di sana, sehingga bisa menyerap tenaga kerja lokal. Tapi lahan tersebut malah dibiarkan menganggur,” kata Niswanto.

Terkait hal tersebut, kata Niswanto, pihaknya mendesak DPRD Kabupaten Morowali segera mengeluarkan surat rekomendasi terkait tindakan PT. Vale Indonesia menelantarkan lahan tersebut.

“Seharusnya, rakyat lingkar tambang sudah menikmati hasil kekayaan alamnya sejak tahun 1968, sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 33. Tetapi, PT Vale justru menambah sejarah panjang pembodohan di negeri ini,” paparnya.

Gerlita mengultimatum pihak PT Vale Indonesia untuk membangun pabrik pengolahan biji nikel paling lambat akhir 2014. Jika hal tersebut tidak dipenuhi, maka Gerlita akan memaksa PT. Vale Indonesia untuk angkat kaki dari tanah Morowali.

Dalam aksinya, Gerlita juga menyoroti kasus penyerobotan lahan kawasan hutan di wilayah Zeba-Zeba oleh PT. Vale Indonesia. “Kami mendesak pihak kepolisian untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut,” kata Niswanto.

Aksi massa Gerlita ini disambut sejumlah anggota DPRD dari partai Nasdem. Para politisi Nasdem tersebut menyatakan dukungan terhadap perjuangan warga Morowali untuk mendapatkan manfaat dari pengelolaan kekayaan tambang di Morowali.

Adi Priyanto

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut