Gerakan Tani Berhasil Batalkan Acara Sosialisasi HTI PT. RAPP

Acara sosialisasi kehadiran PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di desa Tanjung Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, berhasil digagalkan oleh ratusan petani yang merupakan perwakilan dari 9 desa.

Sejak pagi hari, massa kaum tani dari Serikat Tani Riau (STR) sudah menduduki lapangan sepak-bola Sukajadi, tempat acara sosialisasi ini rencananya akan dilaksanakan.

Selain memasang dan menancapkan bendera STR dan organisasi rakyat pendukungnya, seperti Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), dan Federasi Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI), massa petani juga menyampaikan orasi secara bergantian.

Menjelang pukul 15.00 WIB, pihak Kepolisian Merbau dan panitia penyelenggara menyampaikan bahwa acara telah dibatalkan, tentunya dengan pertimbangan keamanan.

Para petani pun mendesak pihak kepolisian dan panitia untuk mendiskusikan persoalan ini secara terbuka dan terang-benderang. Alhasil, setelah melalui diskusi yang singkat, semua pihak bersepakat akan bertemu dengan instansi terkait. Tetapi, mengenai kapan pertemuan itu dilaksanakan, itu belum diputuskan.

Petani terus melawan

Ketua STR Kepulauan Meranti, M. Ridwan, yang juga memimpin aksi perlawanan petani ini, menegaskan bahwa acara sosialisasi hanya merupakan “akal-akalan” pihak PT. RAPP untuk mengelabui masyarakat desa.

“Ini hanya taktik untuk mengelabui masyarakat di desa sini, karena desa-desa lain sudah menyatakan penolakan secara tegas,” katanya.

Menurut M. Ridwan, desa Tanjung Padang memang diharapkan oleh perusahaan menjadi pintu masuk karena terletak di pesisir laut, dan sekaligus menjadi daerah pertama untuk ekspansi PT. RAPP di kepulauan Meranti.

Berdasarkan informasi yang didapatkan masyarakat, pihak PT. RAPP akan memulai operasinya pada tanggal 6 januari mendatang.

Sementara itu, pihak petani menyatakan akan melakukan “perlawanan hingga penghabisan” untuk mencegah PT. RAPP mencaplok tanah dan wilayah mereka.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut