Gerakan Pendudukan Wall Street: Polisi New York Mulai “Bersihkan” Taman Zuccotti

Polisi New York mulai mengusir para aktivis Occupy Wall Street (OWS) di taman Zuccotti, Manhattan. Polisi bergerak melakukan pengusiran sekitar pukul 01.00 dinihari tadi.

Menurut laporan Lucy Kafanov, seorang koresponden Russian Today di New York, polisi meruntuhkan tenda-tenda yang sudah dibangun dan ditempati oleh para aktivis OWS sejak September lalu.

Polisi juga menggunakan semprotan merica untuk mengusir para aktivis. Setidaknya 40 orang dilaporkan ditangkap oleh polisi saat aksi pembersihan berlangsung.

Lebih parah lagi, kata Lucy Kafanov, saat proses pengusiran para aktivis OWS sedang berlangsung, polisi New York melarang media massa melakukan peliputan dan mengambil gambar.

Polisi memasang barikade mengelilingi taman untuk mencegah wartawan dan pihak lain untuk masuk dalam lokasi.

Walikota New York, Michael Bloomberg, mengatakan para demonstran harus meninggalkan tempat itu untuk sementara dan meruntuhkan tenda-tenda terpal yang mereka bangun.

Seorang pejabat Polisi mengatakan para demonstran bisa kembali lagi jika mau setelah taman itu dibersihkan, tetapi tanpa membawa tenda dan peralatan-peralatan untuk menginap.

Taman Zuccotti telah menjadi terkenal sebagai pusat dari perlawanan anti-korporasi yang meletus sejak September lalu. Setidaknya jutaan orang telah terlibat dalam gerakan serupa di ribuan kota di seluruh dunia.

Pengusiran ini sendiri terjadi sesaat setelah para aktivis mengumumkan rencana aksi besar-besaran di New York Stock Exchange pada kamis pagi dan kemudian rally ke balai kota pada malam hari.

Selain di New York, aksi pengusiran aktivis OWS juga terjadi di Oakland, California. Di sana, polisi mengusir para aktivis dan meruntuhkan tenda-tendanya. Setidaknya 30-an orang aktivis ditangkap saat pengusiran itu.

Tindakan serupa juga dilakukan polisi di Portland, Oregon, dimana ribuan orang berusaha melakukan perlawanan. Demonstran menyanyikan lagu “We Shall Overcome” saat polisi mulai melakukan penangkapan. Setidaknya 50 orang aktivis ditangkap di saat pengusiran aktivis OWS di Portland.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut