Gerakan Duduki Wall Street—Sebagai Megaphone Untuk Rakyat Amerika

Ketidakpuasan terhadap sistim ekonomi di Amerika Serikat (AS) saat ini terus menumbuhkan protes. Tidak terkecuali di gerakan serikat buruh yang mulai turun ke jalan untuk menuntut keadilan ekonomi dan pekerjaan. Sejumlah aktivis berbicara kepada Russian Today (RT) bahwa gerakan OWS telah menjadi kekuatan nyata dalam politik di AS.

Website “Gerakan Duduki Wall Street” mengatakan bahwa gerakan petani harus bergabung dalam perjuangan dan mengekspose “kontrol korporat terhadap supply makanan.” Para aktivis berencana menggelar aksi OWS (Ouccupy Wall Street) petani bersama dengan aktivis keadilan pangan dan para “occupiers” yang berjalan dari Colorado, Iowa, Maine, dan bagian utara New York.

Sementara itu, 20 ribu buruh dari berbagai serikat berbaris di kota Manhattam pada hari Kamis (1/12). Sebelumnya, polisi membersihkan kamp-kamp para aktvis OWS di Los Angeles dan Philadelphia, dan menangkap 350 orang aktivis.

Rob Wohl, seorang aktivis OWS, mengatakan kepada RT bahwa gerakan buruh saat ini sudah siap menjadi kendaraan nyata untuk kekuasaan rakyat di Amerika.

Banyak kritik yang menganggap gerakan OWS tidak memiliki pesan yang jelas. Tetapi Wohl menjelaskan kepada RT bahwa gerakan ini tidak berusaha memilih bentuk politik tertentu, tapi berusaha menarik perhatian dunia tentang apa yang terjadi di AS saat ini.

“Sekarang ini kami mau mengatakan bahwa sistem ekonomi di Amerika telah memungkinkan 1% mengontrol 60% dari upah dan kekayaan yang diakumulasi selama 30 tahun dan menciptakan pengangguran tertinggi sejak depresi besar tidak dapat diterima,” katanya.

“Kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk menghentikan sistem ini. Kami ingin anggota kongres tahu bahwa menuntut perubahan yang bermakna, kuat, dan menyeluruh di negara ini,” tegasnya.

Menurut para aktivis, gerakan OWS adalah tentang merebut kembali ruang publik dan menciptakan demokrasi partisipatif yang sejati.

Wohl mengatakan kepada RT bahwa OWS ingin menjadi semacam “megaphone untuk rakyat mereka untuk menuntut kepada para pemimpin mereka.”

“Tujuan kami adalah menjadi gerakan otentik sejati yang tidak hanya menjadi kabar untuk enam hingga delapan bulan. Ini adalah kekuatan besar dalam politik Amerika untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” katanya.

RT/Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut