GEMPAR Lampung Deklarasikan Posko Tolak Kenaikan BBM

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Gerakan Mahasiswa Pembela Aspirasi Rakyat (GEMPAR), Jumat (14/11), mendeklarasikan posko tolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jalan ZA Pagar Alam, seputaran lampu merah Unila. Acara deklarasi ini dimulai  pukul 3.00 sore.

“Kami akan terus melakukan aksi penolakan terhadap rencana kenaikan BBM sampai pemerintah benar benar membatalkan rencana yang dapat menyengsarakan rakyat ini”, ujar Ricky Satriawan, Sekertaris LMND Bandar Lampung di sela-sela deklarasi.

Ricky menjelaskan tujuan mendirikan posko adalah sebagai seruan kepada masyarakat akan dampak yang akan terjadi  bila harga BBM jadi dinaikkan. “Pemerintah telah melakukan pembohongan karena mengatakan pencabutan subsidi itu adalah demi rakyat, oleh karena itu kita mendirikan posko ini untuk menjelaskan kepada masyarakat apa yang sebenarnya terjadi ”, ujarnya.

Selanjutnya dia menambahkan bahwa pendirian posko ini untuk mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Lampung untuk berjuang bersama menolak kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat.

“Jika BBM jadi dinaikkan maka seluruh masyarakat akan terkena dampaknya, maka kita disini mengajak seluruh elemen masyarakat baik itu mahasiswa, buruh, petani, pedagang untuk sama sama menolak kenaikan harga BBM, karena suara rakyat adalah suara Tuhan”, tandasnya.

Adapun 12 poin tuntutan aliansi GEMPAR, yaitu: 1) Tolak Kenaikan BBM, 2) Cabut UU Migas No. 22 Tahun 2001 dan UU Minerba No. 4 Tahun 2009, 3) Nasionalisasi aset aset asing untuk kepentingan nasional, 4) Tegakkan sistem pengelolaan energi nasional yang pro rakyat, 5) Laksanakan reforma agraria sejati, 6) Hentikan liberalisasi, privatisasi, dan komersialisasi pendidikan, 7) Cabut UU Perguruan Tinggi No. 12 Tahun 2012, 8) Naikkan UMR buruh dan penuhi hak hak buruh, 9) Hentikan kriminalisasi terhadap aktivis demonstran, 10) Tegakkan amanat Trisakti yang sejati, 11) Perhatikan dan tingkatkan kesejahteraan veteran, 12) Laksanakan Pasal 33 UUD 1945.

Organisasi yang tergabung dalam Aliansi GEMPAR adalah: LMND, FMN, PMKRI, GMNI, KMHDI, SMI, BEM KBM Unila, UKMBS UBL, BEM STAH Lampung, dan BEM Umitra.

Devin Areyansh

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut