FRAS Sulteng Desak Polisi Tangkap Murad Husain

Puluhan massa yang tergabung dalam Front Rakyat Anti Sawit (FRAS) Sulawesi Tengah (Sulteng) mendatangi kantor Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng, Kamis (15/01). Dalam aksinya, massa mendesak Polda setempat untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap bos kelapa sawit Murad Husain yang diduga melakukan perambahan kawasan Suaka Margasatwa Bangkiriang.

Massa menuding pembangunan perkebunan kelapa sawit oleh PT. Kurnia Luwuk Sejati (KLS) yang dilakukan sejak pertengahan 1990-an menggunakan cara-cara keji dan tidak manusiawi terhadap petani dalam penyerobotan ribuan hektar tanah milik mereka di Kecamatan Toili, Moilong, Toili Barat, Kabupaten Banggai.

“Perbuatan yang demikian  jelas tindak pidana kejahatan kehutanan ,” teriak Ristan, koordinator aksi, dalam orasinya.

Menurutnya, proses penyerobotan tanah petani yang diikuti dengan kriminalisasi mendapat dukungan dari aparat negara yakni TNI-Polri dan Pemerintah setempat.

Dalam pernyataan sikapnya, FRAS Sulteng mencatat, ada sekitar kurang dari 2000 Ha lahan pertanian dan perkebunan warga yang telah digusur paksa beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh Bos PT. KLS Murad Husain.

Sementara, Ketua Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tengah, Ahmad Pelor, mengungkapkan, pada tahun 2010, lebih dari 500 Ha areal Suaka Margasatwa Bangkiriang diubah secara illegal menjadi perkebunan kelapa sawit. Bahkan menurutnya, hingga saat ini luas kawasan yang dirambah terus meningkat hingga melebihi 2000 Ha.

“Kasus tersebut adalah salah satu dari ribuan kasus yang dikategorikan  konflik agraria terstruktur, massif  dan meluas,” kata Ahmad Pelor disela-sela aksi.

Menurut Ahmad Pelor, untuk menyelesaikan konflik agraria yang terus terjadi secara meluas, pemerintah harus segera membentuk Badan Penyelesaian Konflik Agraria (BPKA) dengan menempatkan orang-orang yang benar-benar memahami permasalahan dalam upaya penyelesaian konflik-konflik agraria di Indonesia.

Rudi Astika

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut