FPKR Sulteng Tuntut Pencabutan IUP Di Kabupaten Touna

FPKR.jpg

Sedikitnya 60-an orang massa aksi yang tergabung dalam Front Penyelamat Kedaulatan Rakyat (FPKR) Sulteng menggelar aksi massa di depan kantor Gubernur Sulteng, Selasa (8/10/2013).

Dalam aksinya FPKR menuntut pencabutan semua Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di kabupaten Tojo Una-Una. Pasalnya, IUP tersebut telah memberi keleluasaan kepada perusahaan tambang untuk merampas lahan milik petani dan merusak ekologi.

“Di desa Podi, yang merupakan salah desa di Kabupaten Touna, ada aktifitas tambang yang dilakukan oleh PT Arthaindo Jaya Abadi (PT AJA) yang merampas ribuan hektar lahan petani,” kata koordinator aksi, Ican Dzar, saat menyampaikan orasinya.

Menurut Ican, aktivitas PT. AJA juga telah mencemari sungai di desa Podi, yang menyebabkan air sungai menjadi kuning dan sangat tidak layak untuk dikonsumsi. Padahal, kata Ican, sungai tersebut sering menjadi tempat untuk mandi, air minum, dan kebutuhan lainnya.

Dalam aksi tersebut, massa aksi diterima oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Abdul Haris Lenggah. Kepada massa aksi, ia menjanjikan bahwa pihak Gubernur akan membentuk tim investigasi untuk turun langsung mengumpulkan data di lapangan.

“Tim investigasi yang diperintah Gubernur sudah turun melihat langsung mengumpulkan data, yang nanti menjadi bahan laporan kepada Gubernur. Untuk itu kami harapkan masyarakat bersabar,” ujar Haris.

Selain menggelar aksi di kantor Gubernur, massa aksi FPKR juga menggelar aksi massa di Markas Polda Sulteng. Di sana mereka menuntut pihak kepolisian agar menghentikan kriminalisasi terhadap petani di desa Podi dan Eukuli, di kabupaten Touna.

Dalam orasinya, massa aksi FPKR menuntut pihak kepolisian agar tidak menempatkan posisi sebagai pembela perusahaan. Mereka juga mendesak intiminasi dan ancaman yang dilakukan oleh pihak securty perusahaan segera dihentikan.

FPKR Sulteng merupakan gabungan dari PRD, STN, JATAM Sulteng, Walhi Sulteng, FNPBI, YTM, YPR, Himasos, dan IPPMD.

Syamsul Bachri

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut