Foto Chairul Tanjung Tunjuk SBY Dipastikan Rekayasa

Beredarnya foto bergambar Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), Chairul Tanjung alias CT, yang terlihat mengarahkan telunjuk ke arah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjadi perbincangan hangat di jejaring sosial.

Namun, Forum Akademisi IT (FAIT) memastikan foto tersebut adalah hasil rekayasa. “Secara kasat mata pun dapat dipastikan jika foto tersebut hasil rekayasa. Lihat saja ukuran tangan kiri CT yang digunakan menunjuk SBY tidak proporsional,” Ketua Forum Akademisi IT (FAIT), Hotland Sitorus, di Jakarta, Kamis (26/9/2013).

Selain itu, Hotland mengaku telah melakukan digital image forensic terhadap foto tersebut. Hasilnya, foto itu memang rekayasa. “Presisi elemen gambar pada border lengan kiri tidak sama kualitasnya dengan elemen gambar tubuh CT. Rekayasa itu dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak open source gd-jpeg v1.0” ungkapnya.

Hotland menyatakan siap memaparkan hasil analisis digital image forensic yang sudah dilakukannya. Ia mengaku hal tersebut dilakukannya demi kenyamanan dan tanggung jawab seluruh pengguna internet di Indonesia.

Untuk itu, Hotland Sitorus menganjurkan agar Bareskrim unit cyber crime menindak lanjuti kasus tersebut. “Ini melanggar UU No. 11 tahun 2008, tentang ITE. Pelaku rekayasa foto ini dapat dijerat dengan pasal 35 UU ITE, dengan hukuman pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda Rp 12 miliar,” imbuhnya.

Sementara itu, sehubungan dengan tersebarnya foto itu di Facebook dan Twitter, pihak istana juga sudah menyampaikan klarifikasi. Menurut Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, foto tersebut diambil ketika CT mendampingi Presiden SBY meninjau ruang yang akan digunakan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-8 Negara-Negara Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC di Nusa Dua, Bali, pada Selasa (24/9/2013) lalu.

Foto hasil rekayasa yang beredar di Twitter dan Facebook
Foto hasil rekayasa yang beredar di Twitter dan Facebook

Foto yang asli merupakan hasil jepretan Fotografer Istana, H Abror Rizki. Ada sejumlah perbedaan antara foto asli dengan foto hasil rekayasa. Dalam foto asli, posisi mulut CT terlihat tertutup. Sedangkan di foto rekayasa posisi mulut CT terlihat terbuka lebar.

Selain itu, di foto asli CT menunjuk menggunakan jempol kiri. Sedangkan di foto rekayasa CT menggunakan jari telunjuk untuk menunjuk ke arah Presiden SBY. Di foto hasil rekayasa itu, CT dikesankan sedang marah ke Presiden SBY.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • rusdianto

    mungkin sedang me-like pak SBY agar bisa dapet 1000 like hehehehe