Forum Ekonomi Dunia: Krisis Lain Masih Terus Membayangi Dunia

Forum Ekonomi Dunia menyebutkan bahwa dunia tidak bisa lagi menahan krisis global lain terutama karena kolapsnya sistim keuangan pada tahun 2008, yang mengosongkan dana publik dan perseorangan.

Dalam laporan berjudul “World Risk 2011”, lembaga ini menyatakan bahwa ancaman terhadap ekonomi semakin nyata, terutama karena sebagai sebuah sistim yang saling berkait, mendorong penyebaran cepat resesi.

Dalam jangka panjang, WEF mengidentifikasi sejumlah resiko: cybersecurity, tekanan demografis, kurangnya keamanan dan terorisme, dan proliferasi senjata pemusnah massal.

Pada saat yang sama, ini juga mengacu pada ketidakadilan ekonomi dan ketidakmampuan administrasi pemerintahan.
Pada saat interkoneksi antara seluruh bagian dunia semakin meningkat, tingkat ketimpangan ekonomi juga terus meningkat, terutama redistribusi kekayaan.

Terhadap ekonomi, diperlukan perhatian terhadap problem pertumbuhan seperti ketidakstabilan nilai tukar, krisis fiskal, kejatuhan harga, ketidakseimbangan perdagangan dan level tinggi utang-utang negara maju.

Forum ini juga menaruh perhatian serius terhadap aktivitas ekonomi illegal dunia, seperti perdagangan obat terlarang, korupsi, dan perdagangan illegal senjata.

Di bagian lain, kelompok konsultan Oliver Wyman memperkirakan bahwa kenaikan harga pangan dan bahan baku lainnya akan terjadi pada dekade berikutnya.

Hal ini didasarkan pada penilaian, antara lain, spekulator keuangan yang mengambil keutungan dari naiknya permintaan dari sebagian besar penduduk dunia. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut