FNPBI Palu Gelar Pendidikan Perburuhan

Aksi massa Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) Bali memperingati Hari Buruh Sedunia, 1 Mei 2013. (foto: Antara)

Pengurus Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) Kota Palu menggelar pendidikan tentang seluk-beluk Hukum Perburuhan dan Gerakan Buruh. Pendidikan tersebut berlagsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 5 Juli hingga 7 Juli 2013, di Desa Wani, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Untuk tahap awal, FNPBI Palu menggelar pendidikan perburuhan ini di Serikat Buruh Tingkat Pabrik (SBTK), yakni SBTK FNPBI PT.Sumber Utama Lestari. Sedikitnya 60-an orang pengurus SBTK FNPBI PT. Sumber Utama Lestari mengikuti pendidikan ini.

Menurut Ketua SBTK FNPBI PT. Sumber Utama Lestari, Herman, pendidikan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan pengurus mengenai seluk-beluk Hukum Perburuhan dan gerakan buruh. “Kita berharap, dengan pendidikan ini, kawan-kawan tahu posisi kaum buruh dalam konteks hukum perburuhan saat ini,” ujarnya.

Selain itu, menurut Herman, pendidikan ini juga dimaksudkan untuk mengasah kemampuan setiap pengurus dan anggota dalam merespon dan mengadvokasi persoalan-persoalan perburuhan, baik di tempat kerjanya maupun persoalan kaum buruh di tempat lain.

Tak hanya itu, pendidikan ini juga diharapkan bisa memahamkan kepada setiap anggota tentang pentingnya serikat buruh dalam memperjuangkan hak-hak kaum buruh. “Dengan berserikat, kaum buruh mengumpulkan kekuatan, mengakumulasi pengetahuan dan pengalaman, sehingga bisa mendesakkan tuntutannya ke pengusaha,” paparnya.

Dalam pendidikan ini, panitia menurunkan sejumlah materi, seperti seluk-beluk Hukum Perburuhan, Sejarah Gerakan Buruh, Ekonomi-Politik Perburuhan, Teknik Membangun Koperasi, Membangun Organisasi Maju, dan lain-lain.

SBTK FNPBI PT. Sumber Lestari Utama sendiri baru bergabung dengan FNPBI pada Mei lalu. Sebelumnya, para pekerja PT. Sumber Lestari Utama berjuang menuntut kenaikan upah sesuai UMK Gorontalo.

Fahreza Restu Pramudiya

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut