FNPBI Berau Gelar Rapat Akbar

Ratusan buruh PT. Sinar mas Henhua, yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI), menggelar rapat akbar di Berau, Kalimantan Timur, Jumat (20/4/2012).

Rapat akbar ini mengambil tempat di sebuah gedung MTS Negeri Berau. Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum FNPBI, Lukman Hakim. Tamu undangan dari berbagai serikat buruh juga hadir.

Diantara yang hadir adalah Forum Solidaritas Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kabupaten Berau. Ini semacam aliansi atau wadah perjuangan bersama serikat-buruh-serikat buruh di Kabupaten Berau.

Ketua Umum FNPBI Lukman Hakim ketika berpidato menyinggung soal keharusan kaum buruh berorganisasi atau berserikat. “Serikat buruh akan menjadi wadah perjuangan untuk kepentingan bersama,” kata Lukman.

Lukman mengingatkan, dari sekitar 189.000 perusahaan yang ada di Indonesia, baru sekitar 11.000 perusahaan yang punya serikat buruh. Jumlah buruh yang bergabung dalam serikat buruh/pekerja di Indonesia baru berkisar 7-8%.

Hal itu, kata Lukman, sangat berpengaruh pada nasib buruh. “Banyak kaum buruh yang tidak bisa menikmati hak-hak normatifnya. Tanpa organisasi, para buruh sulit memperjuangkan kepentingan kolektifnya,” ujarnya.

Yang sangat penting juga, kata Lukman, kaum buruh harus terlibat dalam perjuangan politik. Sebab, banyak kebijakan yang menindas buruh dihasilkan oleh sebuah kebijakan atau kekuasaan politik.

“FNPBI menekankan pentingnya perjuangan politik. Ini jalan keluar kaum buruh dari kekuasaan yang menghisap pekerja,” tegasnya.

Lukman juga menjelaskan soal hasil-hasil kongres FNPBI, seperti azas perjuangan, program perjuangan, dan strategi-taktik perjuangan.

Rapat akbar ini sendiri sengaja diagendakan sebagai tahapan menuju aksi massa memperingati Hari Buruh Sedunia pada 1 Mei mendatang.

BUNG NIKO

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut