Exit Poll: Capres Kiri Menangi Pilpres Putaran Pertama Uruguay

Tabare suppporter

Calon Presiden yang diusung oleh Frente Amplio (Front Luas), Tabaré Vázquez, memenangi Pemilu Presiden (Pilpres) putaran pertama Uruguay, Minggu (26/10/204).

Berdasarkan exit poll sejumlah lembaga survei, Tabaré diperkirakan meraih suara antara 44-46%. Sementara pesaingnya dari sayap kanan, Luis Lacalle Pou, diperkirakan meraih 31-33% suara. Kemudian peringkat ketiga ditempati oleh capres dari partai konservatif Colorado, Pedro Bordaberry, dengan perolehan suara 13-14%.

Hasil ini menunjukkan bahwa Tabaré harus melakoni pertarungan putaran kedua dengan kandidat urutan kedua, Luis Lacalle Pou, pada tanggal 30 November mendatang. Maklum, berdasarkan aturan pemilu Uruguay, seorang kandidat harus meraih minimal 50% untuk dinyatakan sebagai pemenang pemilu.

Tabaré pernah menjabat Presiden Uruguay pada periode 2005-2010. Saat itu ia meraih suara 50,45%.  Kemudian, pada Pilpres tahun 2009, ia tidak bisa maju lagi karena aturan konstitusi. Pada Pilpres 2009, Frente Amplio mengusung seorang bekas gerilyawan Tupamaros, Jose Pepe Mujica.

Pilpres putaran kedua diperkirakan akan berlangsung sengit. Dua partai kanan, yakni Partido Nacional (Partai Nasional) dan Partido Colorado (Partai Colorado), akan bersatu. Pedro Bordaberry, yang diusung partai Colorado, akan mengalihkan dukungannya kepada Luis Lacalle Pou. Kendati demikian, berbagai survei masih mengunggulkan Tabaré Vázquez, meskipun dengan selisih yang sangat tipis.

Tantangan lainnya adalah perimbangan kekuatan di parlemen. Exit poll menunjukkan bahwa tidak ada partai yang meraih suara mayoritas di parlemen. Artinya, sekalipun Tabaré Vázquez memenangi Pilpres putaran kedua, ia akan mendapat ganjalan di parlemen.

Menghadapi situasi itu, dalam pidato di hadapan pendukungnya sesaat setelah hasil exit poll diumumkan, Tabaré berjanji akan berusaha mencapai konsesus dengan berbagai kekuatan politik dan sosial untuk melanjutkan proses pemajuan negerinya.

Sebaliknya, kandidat sayap kanan Lacalle Pou menjanjikan akan melakukan banyak terobosan jika terpilih, terutama memerangi kejahatan, memajukan pendidikan, dan menganulir regulasi tentang ganja.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut