Ekuador Potong Gaji Pejabat Tinggi Untuk Menambah Gaji Dokter

ECUADOR-ELECTIONS-CORREA-VICTORY

Pemerintahan revolusioner di Ekuador kembali membuat gebrakan menakjubkan: mereka memotong gaji pejabat tinggi negara, termasuk gajinya Presiden, untuk menambah gaji para dokter.

Pada hari Sabtu (21/2/2015), Presiden Ekuador Rafael Correa mengumumkan kebijakan pemotongan gaji pejabat tinggi, termasuk gajinya sendiri sebagai Presiden, untuk menambah gaji 2000-an tenaga medis dan dokter bersalin.

Menurut Correa, langkah ini merupakan bagian dari kampanye intensif pemerintahannya di bidang kesehatan guna mengurangi angka kematian Ibu saat melahirkan.

“Segalanya sudah terencanakan, dan masalahnya sekarang adalah uang, yang berhubungan dengan belanja dan segala sesuatu yang mesti dikerjakan secara bertahap,” kata Presiden Correa.

Ia menambahkan, negerinya membutuhkan lebih banyak lagi spesialis medis, khususnya ahli kandungan, anestasi, dan perawat. Selain itu, kata Correa, lebih jauh negerinya butuh sekitar 2,187 orang tenaga profesional kesehatan dan anggaran sebesar 41 juta dollar AS untuk mengurangi angka kematian ibu

Menurut Correa, pemotongan gaji sebesar 10-15 persen akan mengumpulkan anggaran 21 juta dollar AS. Mereka yang akan terkena pemotongan gaji adalah Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Anggota Dewan untuk Partisipasi Warga, serta pejabat layanan publik yang bergaji 6000 dollas AS per bulan.

Selama satu dekade terakhir, di bawah tajuk “Revolusi Warga”, Ekuador berhasil memperbaiki kualitas hidup rakyatnya, termasuk di bidang kesehatan. Di bawah pemerintahan Correa dengan Revolusi Warga-nya, Ekuador berhasil menggunakan kekayaan alam negerinya untuk kemakmuran rakyatnya.

Menurut data resmi, sepanjang tahun 2007 hingga 2014, lebih dari 1,5 juta orang berhasil dikeluarkan dari kemiskinan. Pemerintah juga berhasil memberikan ruang seluas-luasnya untuk mengakses hak dasarnya, terutama pendidikan dan kesehatan.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut