Venezuela Masuk Daftar Lima Negara Paling Bahagia Di Dunia

Kamis, 5 April 2012 | 9:03 WIB 1 Komentar | 446 Views

Juventud­_01

Washington Post menyorot survei kebahagiaan di dunia yang dikeluarkan oleh organisasi jajak pendapat Gallup. Dalam survei itu, Venezuela dimasukkan dalam lima negara paling bahagian di dunia.

Menurut jajak pendapat itu, 64% responden Venezuela mengaku kesejahteraan mereka meningkat. Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 124 negara dengan mengukur tingkat kehidupan mereka saat ini dan harapan mereka lima tahun mendatang.

Adapun daftar lima negara paling bahagia di dunia adalah: Denmark (72 Persen), Swedia (69 Persen), Kanada (69 Persen), Australia (65 persen). Sedangkan Venezuela dan Finlandia berada di peringkat kelima.

Venezuela sendiri menempati urutan teratas di Amerika Latin dan kemudian disusul oleh Panama (11), Kosta Rika (14), Brasil (15) dan Meksiko (19).

Klasifikasi kebahagiaan responden yang dinilai dibagi tiga: berkembang, kesulitan, dan menderita. Menurut jajak pendapat ini, selain menunjukkan tingkat kebahagiaan responden, ditelusuri juga persoalan kesehatan, kurangnya stress atau kesedihan, tingkat kebahagiaan, penghargaan, dan menikmati hidup.

Dari 124 negara yang dijajaki pendapatnya pada tahun 2010, mayoritas warga negara di 19 negara—mayoritas di AS dan Eropa—dinilai berada di tingkat “berkembang”.

Di Amerika, yang tertinggi adalah Kanada dengan 69% dan terendah Haiti—yang baru saja dilanda gempa saat survei—dengan 2%. Di eropa, yang tertinggi adalah Denmark dengan 72% dan terendah Bulgaria dengan 6%. Sedangkan di Asia—dimana Australia dan Selandia Baru dimasukkan, yang tertinggi adalah Australia (65%) dan Selandia Baru (63%) dan yang terendah adalah Tajikistan dan Kamboja dengan 3%.

Indonesia sendiri masuk dalam kategori “negara menderita”, dimana hanya 19% responden Indonesia yang mengaku bahagia. Tapi, di survei ini, Indonesia menempati posisi di atas Malaysia yang hanya 17%.

Sebuah artikel yang dipublikaskan di situs Gallup mencatat bahwa daftar itu didominasi sebagian besar oleh negara kaya dan berkembang, yang juga dikaitkan dengan kesejahteraan dan GDP-nya.

Namun demikian, dikatakan juga, “kesejahteraan global yang sedikit meningkat antara 2009-2010 masih relatif stabil saat Gallup mengelompokkan negara itu dalam empat region utama: Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa.

Tingkat kepercayaan survey ini adalah 95% dengan tingkat maksimum margin error antara  ± 1,7 sampai 5,7 ± persen.

Sumber: AVN / Press Office – Venezuelan Embassy to the U.S.

Tags: , ,

  • hadiahnederland

    Bisa juga itu betul, karena presidennya menjalankan tiga pilar haluan negara. Yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dlm ekonomi dan berkepribadian dlm kebudayaan venezuela. Sebenarnya ituyang dicanangkan oleh Sukarno dahulu.Tapi ditelikung oleh jendral besar kita suharto dng orde barunya. Hanya sekelompok ,kroni2, jendral2,yang diperkaya dng uang. Sampai sekarang yang punya uang yang menang, bukan yang berideologie (nasionalisme).

FeedBerlangganan Via RSS FEED

Info Artikel Terbaru Via Surel :