Dubes Venezuela: Negara Kami Sangat Demokratis

Duta Besar Venezuela untuk Indonesia, Gladys F Urbaneja Duran , membantah tudingan sejumlah media arus utama yang menyebut Venezuela tidak demokratis.

“Kami punya model demokrasi partisipatoris dan protagonis. Dan protagonisnya adalah rakyat,” kata Gladys saat berbicara dengan media di RDTX Tower, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2017).

Dengan demokrasi partisipatoris dan protagonis itu, kata Gladys, rakyat punya kekuasaan yang besar, mulai dari merencanakan hingga menjalankan kebijakan pembangunan.

Dia menceritakan, rakyat Venezuela punya kesadaran politik sangat tinggi, sehingga memungkinkan demokrasi partisipatoris dan protagonis itu bisa berjalan.

“Venezuela merupakan salah satu negara yang memiliki lima badan kekuasaan, yakni kekuasaan eksekutif, kekuasaan legislatif, kekuasaan peradilan, kekuasaan rakyat, dan kekuasaan penyelenggara pemilu,” terangnya.

Dia juga mengungkapkan, selama 18 tahun terakhir, Venezuela sudah menyelenggarakan 22 kali Pemilihan Umum, dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 80 persen.

Terkait Majelis Konstituante yang dipersoalkan oleh negara-negara barat, termasuk AS, Gladys mengatakan, badan yang dipilih dalam pemilu tanggal 30 Juli lalu itu sangat demokratis karena melibatkan partisipasi semua populasi, baik berdasarkan wilayah/teritori maupun sektor sosial.

Dari 545 anggota Majelis Konstituante, sebanyak 364 orang dipilih berdasarkan wilayah Kabupaten/kota. Lalu 173 orang dipilih berdasarkan sektor sosial, seperti pekerja, petani, pelajar, pensiunan, penyandang disabilitas, dewan komunal, dan pengusaha. Kemudian 8 orang dipilih untuk mewakili suara masyarakat adat.

“Majelis Konstitusi bukan menulis ulang konstitusi, tetapi memperbaiki konstitusi yang ada untuk memperdalam revolusi dan demokrasi,” tegasnya.

Lebih jauh, Gladys menyayangkan pemberitaan media-media arus utama yang hanya menayangkan Caracas, Ibukota Venezuela, yang menjadi gelanggang utama demonstrasi oposisi.

Padahal, Venezuela punya 23 negara bagian dan 335 kotamadya, dengan kekayaan alam, kekayaan budaya, dan pariwisata yang sangat luar biasa.

Rini Hartono

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut