Disnaker Tangerang Temui Buruh PT. First Media

Sampai hari ini, Rabu (15/5/2013), puluhan buruh PT. First Media/Link Net masih bertahan di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Tangerang. Aksi hari ini sudah memasuki hari ke-3.

Dengan seragam First Media yang melekat di badan, para buruh mengisi waktu dengan menggelar orasi bergantian. Selain itu, para buruh juga berusaha saling menghibur agar tidak terjebak dalam kejenuhan.

Menurut Soleh, bendahara SBTK FNPBI PT. First Media, siang tadi mereka ditemui oleh Kepala Disnaker Tangerang, Abduh Surahman. Dalam pertemuan itu, kata Soleh, pihak Disnaker berjanji akan menyelesaikan kasus PHK sepihak terhadap pekerja.

Selain itu, kata Soleh, pada hari Jumat mendatang, Disnaker akan memanggil perusahaan outsourcing. “Disnaker ingin melihat MoU antara dua perusahaan outsourcing yang mengalihkan status karyawan yang dipekerjakan di PT First Media,” ungkapnya.

Pihak Disnaker Tangerang, ujar Abduh, juga menganggap kasus yang dialami oleh buruh First Media sebagai kasus union-busting. “Mereka melihat ini hanya kasus union-busting. Tetapi sebetulnya juga ada persoalan outsourcing dan hak-hak pekerja yang tidak dipenuhi,” ujar Soleh.

Soleh mengaku, para buruh akan tetap menggelar aksi pendudukan hingga tuntutan mereka dipenuhi. “Kami sudah tegaskan, selama hak-hak kami tidak dipenuhi, kami akan tetap bertahan di sini,” tegasnya.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut