Demonstran “Occupy Wall Street” Datangi Rumah Miliarder

Sedikitnya 500-an orang aktivis “Occupy Wall-Street” berbaris menuju pemukiman para miliarder di New York.

Aksi keliling ini diorganisasi oleh kelompok 99% New York, sebuah koalisi yang baru dibentuk sejak meluasnya protes anti Wall Street. Mereka mendesak agar gubernur setempat menerapkan pajak yang lebih tinggi kepada orang-orang terkaya di kota itu.

Diantara rumah miliarder yang didatangi, antara lain: John Paulson, Jamie Dimon (CEO JP Morgan), David Koch, Howard Milstein, dan bos News Corp Ruperh Murdoch.

Mereka mengeluarkan kecaman-kecaman terkait dampak krisis ekonomi yang dipicu oleh keserakahan para miliarder tersebut. “Mereka mendapat kemakmuran yang berlebih, tetapi membayar pajak sangat sedikit. Kami membayar pajak lebih tinggi dari mereka. Akibat ulah mereka, 24 juta orang amerika kehilangan pekerjaan,” ujar seorang demonstran sebagaimana dikutip oleh Democracy Now.

Sementara itu, Walikota New York Michael Bloomberg meminta demonstran, yang saat ini masih bertahan dengan tenda di taman Zuccotti, untuk segera meninggalkan tempat itu. Hal itu dikarenakan akan ada pembersihan terhadap lokasi itu.

Katanya, para pemilik plaza ingin menyuruh para petugas mereka untuk mmembersihkan tempat itu, sehingga para demonstran harus meninggalkan tempat itu. “Setelah itu, mereka boleh kembali,” kata Bloomberg.

Tetapi demonstran menganggap seruan itu sebagai taktik untuk menghentikan proses dan meredam perlawanan itu meluas. Sebagai antisipasi, para pemimpin protes akan mengajak anggotanya untuk membersihkan tempat itu sendiri.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut