Chavez: Kami Lahir Untuk Memperjuangkan Rakyat

“Kita lahir untuk memperjuangkan rakyat, kita adalah rakyat itu sendiri, untuk berjuang selamanya demi martabat tanah air bernama Venezuela,” kata Presiden Venezuela Hugo Chavez saat menyampaikan ucapan tahun baru kepada Angkatan Bersenjata Nasional Bolivarian (FANB).

Selama upacara penghormatan itu, yang berlangsung di Akademi Militer Venezuela, di Caracas, Presiden Chavez mengingatkan bahwa FANB sudah berjuang selama 200-an tahun untuk mempertahankan martabat dan kedaulatan bangsa.

Angkatan bersenjata Venezuela dilahirkan oleh revolusi kemerdekaan untuk mengusir kolonialisme Spanyol. Sejarah itu sangat mempengaruhi karakter anti-kolonial dari Angkatan Bersenjata Venezuela.

Dengan merujuk kepada filsuf Jerman, Martin Heidegger, Chavez mengingatkan pentingnya menggali pengalaman masa lalu untuk melihat masa depan.

Cara ini, kata Chavez menambahkan, dapat mencegah kegagalan proses revolusioner yang berlangsung di Venezuela dan negara amerika latin lainnya, seperti yang terjadi pada 200 tahun yang lalu.

“Keseluruhan proses revolusioner pada periode kemerdekaan pertama, yang berlangsung hampir 20 tahun, meskipun ayah dan ibu tanah air hampir berhasil mengambil surga dari badai, tetapi berakhir, seperti kita ketahui, dengan kegagalan. Intrik yang kuat, klas borjuis nasional yang kuat, imperialis yankee yang lama dan baru, lebih kuat dari usaha besar menyempurnakan bangsa dan pemimpin mereka,” katanya.

Chavez juga memperingat soal niat kelompok oposisi untuk mengacaukan negeri itu, khususnya menjelang pemilu presiden pada oktober 2012.

“Mereka tahu tidak akan mampu merebut Miraflores (istana presiden) melalui pemilu, sehingga mereka melanjutkan berkampanye dengan memanipulasi media,” ujar Chavez.

Presiden Chavez menegaskan bahwa jajak pendapat menunjukkan bahwa saat ini dua pertiga rakyat Venezuela mendukung pemerintahannya.

“Survei ilmiah telah menunjukkan bahwa trend seperti ini terus menguat, sementara kita melihat partai oposisi putus asa dengan daftar kandidat mereka yang mencoba terbang, tetapi mereka tak bisa melaukannya dan tak akan melakukannya. Para pemimpin oposisi tidak menyadari bahwa negeri ini sudah berubah dan ini tidak sama dengan apa yang mereka inginkan saat memerintah,” tegasnya.

AVN | RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut