Chavez: Kami Akan Membuat Revolusi Ekonomi

Presiden Venezuela Hugo Chavez menegaskan bahwa pemerintahannya akan melaksanakan sebuah ‘revolusi ekonomi’ dalam tahun-tahun mendatang, dimana ia akan menyetujui lebih banyak anggaran untuk pembangunan industri negara.

Saat berbicara dengan Wakil Menteri di Caracas, Ibukota Venezuela, Chavez mengatakan, pemerintahannya akan membangun sebuah “model industrialisasi baru di Venzuela,” yang mampu memenuhi kebutuhan kolektif bangsa.

Seraya mengutip intelektual marxist, István Mészáros, Chavez berbicara tentang perlunya sebuah transisi menuju sosialisme yang “tak dapat dibalikkan”, dan menjelaskan bahwa negaranya sudah menjalankan sebuah revolusi politik tetapi sekarang pemerintahannya akan membuat revolusi ekonomi.

“Selama beberapa tahun terakhir tidak ada keraguan bahwa kami telah membuat sebuah revolusi politik,” katanya, “tetapi revolusi ekonomi ada, berderit sebagai latarnya, sesuatu yang belum selesai.”

“Revolusi politik yang ada akan mengikuti sebuah jalan, dan tentu saja kami akan melihat setelah ini, sebuah revolusi yang didasarkan pada pengetahuan, kesadaran, dan revolusi etis…revolusi politik akan maju seperti sungai, kita tidak bisa menggulungnya ke belakang…tetapi jika kita tidak membuat revolusi ekonomi, apa gunanya revolusi politik,” kata Chavez.

Meskipun Chavez mengatakan bahwa Revolusi ekonomi ini harus mulai di pedesaan Venezuela, namun ia juga menyetujui dana untuk pembangunan sektor industri negara, yang katanya juga akan penting dalam mengatasi “rente” rakyat Venezuela dan ketergantungan pada ekonomi minyak.

Sejumlah dana yang disetujui oleh Presiden Chavez termasuk 100 juta dollar AS untuk pembangunan indutri pengolahan besi dan baja sebagai bagian dari perusahaan negara Ferrominera di negara bagian Bolivar, 2 juta dollar AS untuk memulai pabrik produksi makanan sosialis di Portuguesa, serta 24 juta dollar untuk pabrik pengolahan kelapa campuran di Sucre sebagai bagian dari proyek kerjasama Aliansi Bolivarian untuk Rakyat Amerika kami (ALBA).

Presiden Chavez juga mengumumkan pengambil-alihan pabrik pengolahan gula Guanare dan bisnis yang terkait dengannya setelah sebuah kolektif petani mengeluh bahwa pabrik itu membawa dampak pada kesejahteraan petani dan pekerjanya pada awal bulan ini.

Selama pertemuan, Chavez, yang diharapkan dapat meraih kemenangan bersih dalam pemilihan Oktober tahun ini, menegaskan bahwa negara itu saat ini bergerak ke arah pembangunan ‘ekonomi produktif secara sosial’ yang didasarkan pada 5 tahapan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan Venezuela, Jorge Giordani, dalam bukunya “Venezuela’s Transition to Socialism”.

5 Tahapan ini terdiri dari modifikasi dari kekuatan produktif dalam negara, perubahan dalam peran negara dalam kaitannya dengan perekonomian, kolektif self-management dalam produksi, serta bergerak maju dalam mengkonsolidasikan kemerdekaan negara dalam berhadapan dengan ‘globalisasi sistim kapitalis’.

Kemajuan dalam produksi pertanian

Pada hari Minggu, Presiden Venezuela juga mencatat bahwa perikanan dan hasil laut telah meningkat 300% sejak tahun 1990-an.

“Produksi pertanian adalah salah lapangan aksi kita dan salah satu garis dari strategi pembangunan dalam periode 2013-2019, dan kami sudah siap bekerja untuk ini,” kata Chavez.

Antara tahun 1998 dan 2010, pemerintah Bolivarian berhasil meningkatkan produksi pertanian nasional sebesar 44%, peternakan nasional dengan 82%, dan jumlah tanah yang digunakan untuk budidaya mencapai 48%.

Pemerintah menyebut angka-angka kemajuan program agraria ini, yang menguntungkan bagi 168.000 keluarga petani sejak pengaturan tanah tahun 2003, serta pengesahan UU progressif yang menguntungkan produsen kecil dan program-program sosial negara yang bertujuan untuk merangsang produksi nasional melalui menyediakan pelatihan dan mikro-kredit kepada petani skala kecil.

Chavez juga menegaskan bahwa bahwa peningkatan produksi pertanian nasional akan menjadi pusat pemerintah Revolusi ekonomi terencana dan menyatakan bahwa tujuan untuk tahun ini adalah untuk meningkatkan produksi pertanian dan Perikanan sebesar 20%.

“Kita harus memastikan bahwa semua tanah akan menghasilkan dengan baik,” kata Chavez seraya menambahkan bahwa peningkatan hasil pertanian akan dicapai melalui kredit untuk petani, program Dana Zamora—nama pejuang Agraria Venezuela, dukungan teknis, mesin dan pelatihan.

Rachael Boothroyd, VenezuelaAnalysis (dot) com

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut