Buruh PT. Raconindo Mogok Kerja

Aksi duduki-2

Buruh PT. Raja Container Indonesia (Raconindo) menggelar aksi mogok kerja di depan pabriknya di jalan Rorotan 2-3 Babek TNI, Cakung Barat, Jakarta Timur, Rabu (9/1).

Para buruh yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) ini menggelar aksinya sejak pukul 08.00 WIB. Dalam aksinya, mereka menolak PHK sepihak terhadap 70-an rekannya.

Menurut Faris, divisi advokasi SBTK FNPBI PT Raconindo, pihak buruh sudah berusaha melalukan negosiasi dengan pengusaha, tetapi semuanya berujung kegagalan.

Sudah begitu, kata Faris, proses PHK itu hanya disampaikan secara lisan. “Keputusan PHK itu datang tiba-tiba saja. Pintu masuk perusahaan diblokade kontainer, sehingga para buruh tidak bisa masuk,” katanya.

Karena dilarang masuk, pihak serikat buruh berinisatif menanyakan hal itu kepada pihak perusahaan. Tetapi pihak perusahaan menjawab, “mulai hari ini dan seterusnya kalian stop bekerja di sini.”

Menurut Faris, alasan perusahaan memecat buruh adalah efisiensi. Namun, pada kenyataannya, pihak perusahaan malah memasukkan pekerja outsourcing.

“Alasan efisiensi itu tidak masuk akal. Order perusahaan terus meningkat. Sudah begitu, mereka malah memasukkan tenaga outsourcing dari luar. Ini bentuk penipuan,” kata Faris.

Faris juga mengungkapkan, perusahaan yang dipunyai warga Australia ini banyak melanggar hak-hak normatif pekerja, seperti upah di bawah UMP, tidak ada Jamsostek, jam kerja berlebih, dan lain-lain.

Para buruh sendiri menuntut agar mereka dipekerjakan kembali. Selain itu, mereka menuntut perusahaan memenuhi hak-hak normatif kaum buruh.

Ulfa Ilyas

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut