Buruh PT. LinkNet Duduki Disnaker Tangerang

Aksi massa buruh yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) Surabaya. (Foto: Kamaruddin Koto)

Lebih 30-an buruh PT. LinkNet/ PT. FirstMedia Tbk menggelar aksi pendudukan di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Tangerang, Banten, Senin (29/4/2013).

Sebelum memulai aksi pendudukan di kantor Disnaker Tangerang, buruh yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) ini menggelar aksi massa di depan kantor PT. LinkNet.

Ketua FNPBI PT LinkNet Jery Elsa Saputra mengatakan, aksi pendudukan itu dilakukan karena pihak perusahaan, yakni PT. LinkNet, tidak merespon tuntutan pekerja.

“Kami sudah beberapa kali mengirim surat audiensi, baik lisan maupun tertulis, tetapi tidak ditanggapi perusahaan. Kesabaran kawan-kawan buruh ada batasnya,” katanya.

Dalam aksinya, FNPBI PT. LinkNet mengusung empat tuntutan, yakni  pekerjakan kembali 3 buruh yang dipecat, menuntut status karyawan tetap, review sistem ketenagakerjaan di LinkNet/PT. FirstMedia Tbk, dan penghapusan sistem outsourcing di PT/ LinkNet.

Setelah berorasi sekitar 30 menit, para buruh diterima berdialog dengan pihak Disnaker kota Tangerang. Dalam dialog itu, para buruh menyampaikan tuntutannya. Merespon tuntutan itu, pihak Disnaker Tangerang, Suprapto, mengaku baru akan mengkaji tuntutan buruh.

Jery mengungkapkan, selama bekerja di PT. LinkNet, banyak hak-hak kaum buruh yang diabaikan. Ironisnya, ketika buruh mempertanyakan hak-hak mereka, pihak perusahaan justru melakukan PHK sepihak.

“Jadi, Agustus 2012 lalu, puluhan pekerja mempertanyakan uang transportasi, khususnya bagi teknisi bagian service. Eh, setelah buruh mempertanyakan hal itu, pihak perusahaan mengeluarkan SP3 tanpa alasan yang jelas dan kemudian berujung PHK kepada 3 orang,” ungkap Jery.

Ketiga buruh yang di-PHK, yaitu Samsi Rudali, Aris Kristianto, Firman Laksamana. Para buruh kemudian melaporkan hal itu ke pihak Disnaker. Sayang, proses mediasi yang dilakukan Disnaker tidak ada kabar perkembangannya.

Sampai berita ini diturunkan, buruh sedang bersiap-siap membangun tenda pendudukan di halaman kantor Disnaker Tangerang. Aksi pendudukan ini akan dilakukan hingga ada respon dari pihak perusahaan.

Ulfa Ilyas

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut