Buku Baru Tentang Che Guevara Diluncurkan

Buku baru tentang Che Guevara, Diary of a Combatant; Ernesto Che Guevara, Sierra Maestra-Santa Clara 1956-1958 , diluncurkan di Havana, Kuba, pada hari Selasa kemarin (14/6). Buku ini akan semakin memperkaya pengetahuan pentingan tentang Che Guevara dan perjuangan rakyat Kuba dalam mencapai revolusi.

Konon, buku setebal 303 halaman ini merupakan inisiatif dari istri Che Guevara, Sang janda Guevara, Aleida March, yang memutuskan untuk membawa catatan harian suaminya itu ke sebuah penerbit  untuk diedit dan diterbitkan.

Peluncuran buku ini juga bertepatan dengan peringatan 83 tahun tokoh revolusioner kelahiran Argentina. Dalam buku itu, ada 40 halaman yang khusus memuat foto dan surat-surat Che Guevara.

Buku ini sebagian besar adalah catatan harian Che yang belum pernah dipublikasikan. Dimulai dengan kisah kedatangan Che pertama kali ke Kuba dengan menumpang kapal Granma, bersama dengan Fidel Castro dan Raul Castro. “Buku ini untuk memperkaya pemikiran Che yang masih hidup dan bekerja,” kata Aleida.

Buku itu kemudian diedit oleh lembaga Pusat Studi Che Guevara. Setelah dikerjakan dari bulan maret, buku itu akhirnya siap cetak dan diterbitkan oleh penerbit Australia, Ocean Press/Ocean Sur.

Sementara itu, The Motorcycles Diary, sebuah memoar perjalanannya melintasi Amerika Latin di atas sepeda motor pada saat Che berusia 23 tahun juga sukses di pasaran dan dicari-cari oleh pembaca di seluruh dunia.

Memperingati Kelahiran Che Guevara

Sementara itu, sebuah kegiatan untuk menghormati 83 tahun kelahiran Che Guevara dilaksanakan di sebuah kota di Bolivia, La Higuera.

Duta besar Kuba dan ahli di bidang pendidikan dan kesehatan memberikan penghormatan kepada tokoh legendaris revolusi yang meninggal 9 Oktober 1967 ini.

Selain itu, sebuah perayaan besar juga berlangsung di kota Bolivia lainnya, Vallegrande.

Duta Besar Kuba, Rafael Dausa, mengatakan bahwa spirit perjuangan Che Guevara kini telah mengilhami perjuangan rakyat Bolivia di bawah pemerintahan revolusioner  Evo Morales.

Peringatan hari kelahiran Che Guevara juga mendapat porsi besar-besaran di media Venezuela. Salah satu media TV, Venezolana de Television, menayangkan perjalanan hidup dan karya-karya Che Guevara selama di Kuba dan perjuangan membebaskan bangsa lain.

Beberapa koran dan majalah di Venezuela juga memberikan ulasan khusus mengenai perjuangan dari legenda revolusi ini.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut