Besok, PRD Gelar Seminar Nasional Tentang Pancasila dan UUD 1945

Partai Rakyat Demokratik (PRD) akan menggelar acara seminar nasional tentang Pancasila dan UUD 1945, Senin (25/6/2012). Acara tersebut akan berlangsung di Ruang Puri Agung Hotel Sahid, Jakarta.

Seminar ini diperkirakan akan dihadiri oleh 800-an orang. Mereka mewakili berbagai sektor sosial, seperti tokoh politik, serikat buruh, serikat petani, serikat rakyat miskin, organisasi pemuda dan mahasiswa, serta masyarakat umum.

“Kita akan membahas pancasila sebagai filosofi dasar (philosophische grondslag) bangsa Indonesia. Selain itu, juga akan dibahas mengenai proyek politik dan kebudayaan untuk membumikan Pancasila,” kata Ketua Panitia Seminar Nasional PRD, Yudi Budi Wibowo, saat konferensi pers di Cafe Phoenam, Tebet, Jakarta, Minggu (24/6).

Menurut Yudi, selama ini Pancasila hanya dijadikan pepesan kosong saja oleh sebagian elit penyelenggara negara. Akibatnya, banyak produk kebijakan penyelenggara negara justru bertolak belakang dengan Pancasila dan UUD 1945.

Seminar nasional ini akan berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Proses diskusi dan pembahasan akan dibagi dua sesi, yakni sesi pertama berbicara tentang aspek filosofis dan sesi kedua berbicara soal aspek praksis.

Sejumlah tokoh dan akademisi dijadwalkan jadi pembicara dalam diskusi ini, diantaranya: Prof. Sri Edy Swasono, Dr. Mohamad Sobary, Oesman Sapta Odang, Safrizal Ramli, Agus Jabo Priyono, SH, Yudi Latif, Ph.D, Dra. Eva Kusuma Sundari, MA. MDE, dan Marzuki.

RUSDIANTO ALIT AMOERSETYA

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut